Siasati Peningkatan Partisipasi Pemilih, KPU PBD Undang Organisasi Perempuan dan Parpol

SORONG,PBD-Agenda Nasional KPU RI dalam upaya meningkatan partisipasi pemilih bagi kelompok pemilih strategis dan rentan di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan Dan Terluar) pada pemilu serentak tahun 2024 ini, maka dilakukan sosialisasi dan pendidikan pemilih pasca pemungutan suara di Hotel Aston Sorong selama sehari, Selasa (14/5/24).

Acara yang difasilitasi Oleh KPU Provinsi Papua Barat Daya itu, diikuti oleh 100 Peserta dari berbagai organisasi perempuan dan 18 partai politik, dimana setiap organisasi dan parpol mengirimkan 2 orang perwakilannya.

Kepala Biro dan Hubungan Masyarakat KPU RI, Dohardo Pakpahan mengharapkan kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan, keahlian dan perilaku bagi segmen pemilih perempuan dan pengurus parpol untuk bersama-sama dengan KPU melakukan internalisasi, sosialisasi dan eksternalisasi terkait pemilu dan demokrasi.

“Literasi menyangkut Pemilu dan partisipasi masyarakat dibutuhkan tidak hanya untuk meningkatkan jumlah pemilih yang memberikan suaranya di TPS pada saat pemungutan suara, tetapi juga dimaksudkan agar masyarakat tetap terlibat aktif dalam keseluruhan periodesasi pemilu (pra pemilu, penyelengaraan pemilu dan pasca pemilu),” terangnya.

Sementara Ketua KPU Provinsi Papua Barat Daya, Andarias Daniel Kambu ketika membuka acara sosialisasi tersebut mengatakan tingkat partisipasi pemilih jadi indikator suksesnya pemilu suatu daerah.

“Meski Provisi Papua Barat Daya juga masuk kategori Provinsi 3T dalam Pemilu, namun terus berupaya meningkatkan kualitas partisipasi pemilih melalui sosialisasi dan pendidikan pemilih secara berkesinambungan agar masyarakat memiliki pemahaman dan kesadaran akan hak dan kewajibannya,” ungkapnya.

Diketahui jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Propinsi Papua Barat Daya sebesar 440.826 Orang dan setengahnya adalah perempuan.

Kegiatan sosialisasi dan pendidikan pemilih untuk segmen perempuan tersebut digelar dengan cara talkshow dan tanya jawab dimana Yohana Kamesrar menjadi moderator, menghadirkan Ketua Komisioner Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat PBD, Fatmawati dan Mikewati Vera Tangka dari Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia sebagai narasumber.

Dijadwalkan kegiatan acara sosialisasi dan pendidikan pemilih pasca pemungutan suara oleh KPU RI akan dilaksanakan mulai Bulan Mei sampai dengan bulan Agustus 2024 di 38 lokus yang tersebar di 21 provinsi kategori 3T, dikemas melalui pertunjukan seni budaya lokal, talkshow kepemiluan dan lomba sayembara kepemiluan.

Di Kota Sorong sendiri dihibur oleh Tarian Sanggar Seni Nani Bili Art School dan Lowkey Band. (Ali)

___

Komentar