oleh

Serbuan Vaksinasi Kodim Sasar Warga Ikaswara, Tertib Tanpa Kerumunan

SORONG, – Sekitar pukul 08.00 WIT, sejumlah warga Ikatan Keluarga Sunda Jawa dan Madura (Ikaswara) Kota Sorong mengikuti serbuan vaksinasi yang diadakan kerjasama Dankesyah Korem 181/PVT dan Kodim 1802 Sorong, di halaman kesekretariatan Ikaswara kilometer 12 Kota Sorong, Papua Barat, Kamis (12/7/21).

Mereka mengantri dengan tertib. Panitia Ikaswara yang seragam menggunakan Kaos berwarna hitam dengan list batik khas Jawa, dengan sigap memberikan informasi terkait urutan vaksinasi kepada warga. Mulai dari mengambil antrian sesuai daftar nama yang sudah dilist sebelumnya, duduk berjarak dibawah tenda, melakukan screening kesehatan, penyuntikan dan observasi, semua dilakukan dengan tertib tanpa kerumunan. Panitia pun sudah membagikan waktu sesuai daftar antrian hingga sore menjelang dan pengantri dengan sabar menunggu giliran untuk divaksin.

Ketua Ikaswara Kota Sorong, Tupono menjelaskan bahwa vaksinasi massal terakomodir sebanyak 250 peserta masih dalam rangkaian HUT Ikaswara ke 22. Adapun sistem pendaftarannya dilakukan online sehari yaitu sejak tanggal 5 Juli hingga 6 Juli. Dimana pemberitahuan diberikan kepada kerukunan-kerukunan yang ada di kota Sorong, baik menggunakan WhatsApp, line ataupun Facebook.

“Peminat yang vaksin ini sangat banyak. Tadi saja ada beberapa yang baru datang mau ikut vaksin tapi sudah terpenuhi kuotanya. Jadi Saya beserta jajaran panitia memohon maaf atas info yang tidak tersampaikan dengan baik kepada warga sekitar dan Kami kemudian berharap kepada pak Dandim agar kiranya masih ada slot untuk dikemudian hari, Kami bisa ditambahkan sebesar 250 lagi. Karena masih banyak warga Kami yang belum divaksin COVID 19,” ujar Tupono.

Ia berharap dengan vaksinasi, Warga Ikaswara semakin sehat dan menjadi bagian ikhtiar dalam memutus mata rantai penyebaran virus COVID 19.

“Kami berharap bapak ibu yang di vaksinasi ini langsung istirahat dengan cukup, hal ini dikarenakan reaksi dari vaksin itu terhadap tubuh kita, kalau tubuh kita kuat Alhamdulillah. Tapi apabila kondisi tubuh kita kurang stabil maka efek samping tersebut akan bereaksi, seperti terjadi kondisi tubuh yang panas dan hal sebagainya.Serta tolong kepada yang sudah melakukan vaksinasi agar betul-betul istirahat serta dilarang melakukan hal-hal yang berat serta istirahat yang cukup,” pesannya.

Sementara itu Dandim 1802, Letkol Inf Budiman dalam sambutannya mengatakan bahwa serbuan Vaksinasi ini merupakan upaya TNI AD dalam mendukung program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID 19 dengan meningkatkan imunitas warga atau herd immunity sehingga lebih kebal terhadap serangan virus yang mematikan tersebut. Kodim sendiri melakukan vaksinasi secara terjadwal dengan melibatkan Dankesyah Korem 181 dan Dinkes Kota Sorong. (Riq/oke)

Komentar