oleh

Selamat, 6 Orang Ini Berhasil Maju Calon Bawaslu Papua Barat

SORONG, – Setelah menyisihkan 90 orang pendaftar dan melalui sejumlah tahapan seleksi, akhirnya 6 orang yaitu Abraham Ramandei, Elias Idie, Ibnu Masud, Jhon Charles Imbiri, Nurlaila Muhammad dan Yulince Hosio berhasil lolos ke tahap akhir sebelum dinyatakan sebagai anggota Bawaslu Provinsi Papua Barat periode selanjutnya.

Dalam pengumuman tes kesehatan dan wawancara yang dipublish di portal bawaslu papua barat, keenam orang ini dinyatakan lulus tahapan tersebut dan akan melakukan tahapan berikutnya yaitu uji kepatutan dan kelayakan.

Sementara itu, Ketua tim seleksi Bawaslu Papua Barat, Hasan Makasar kepada sorongnews.com menyatakan keenam nama tersebut ke Bawaslu RI untuk mengikuti tahapan berikutnya.

“Keenam calon anggota tersebut merupakan nama-nama yang mendapat nilai tertinggi berdasarkan rangkain tes yang telah diikuti. Setelah kita lakukan pleno, akhirnya kita mendapatkan enam nama dengan nilai terbaik,” ujar Hasan, yang dihubungi melalui sambungan telepon, Selasa (2/8).

Hasan menegaskan, bahwa nama-nama yang terpilih adalah figur-figur yang diharapkan mampu mengemban amanah untuk mengawal proses-proses demokrasi di Papua Barat. Hasan berharap Bawaslu RI selanjutnya bisa menetapkan orang-orang terbaik di lembaga penyelenggara pemilu.

“Mereka adalah orang-orang yang berkompeten dibuktikan dengan hasil tes yang sudah diikuti. Harapan kami dari pansel, di tahapan uji kelayakan yang akan dilakukan Bawaslu RI, bisa memilih orang-orang terbaik dari Papua Barat,” kata Hasan

Menyinggung proses seleksi yang telah berlangsung kurang lebih dua bulan ini, Hasan mengaku senang karena partisipasi dari warga di Papua Barat cukup tinggi. Menurut dia, hal tersebut menjadi tanda bahwa ada keinginan masyarakat di daerah ini untuk terlibat dan mengawal proses-proses demokrasi di Papua Barat yang sedang tumbuh.

“Ucapan terima kasih kami kepada semua yang telah mengawal proses seleksi ini. Kepada masyarakat, dan juga seluruh peserta yang sedari awal sudah menyukseskan tahapan seleksi ini, mewakili tim, kami ucapkan terima kasih,” tutur Putra Papua asal Pulau Misool tersebut. (Oke)

Komentar