oleh

Sekda Maybrat: Sasaran Pertama Vaksin C-19 adalah Pejabat dan Nakes

Maybrat,- Sorongnews.com- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maybrat, Papua Barat resmi mencangkan dan melaksanakan vaksinasi Covid- 19 di gedung dinas kesehatan Maybrat, Senin (8/2/21). Pemberian vaksin ini diawali kepada pejabat-pejabat tinggi dan petugas medis di Kabupaten Maybrat.

“Vaksinasi Covid- 19 ini program nasional yang dilakukan di seluruh Indonesia termasuk Maybrat. Untuk itu, harus dijalankan sampai tuntas dengan harapan warga di Kabupaten Maybrat kebal terhadap Covid- 19”, ujar Sekda Maybrat, Johny Way, S.Hut,M.Si kepada Wartawan usai membuka pencanangan vaksin, kemarin.

Pencanangan vaksin Covid- 19 ini, Sekda didampingi oleh kepala dinas kesehatan dan BPBD serta BPJS kesehatan. Sekda minta tenaga medis bisa mensosialisasikan dan menjelaskan secara detail terkait vaksin tersebut. Sehingga dapat diterima oleh warga yang merupakan peserta untuk divaksin sesudah pejabat dan tenaga medis.

Kepala Dinas Kesehatan Maybrat, Paber Hutahaean menjelaskan, pihaknya bersama tim yang bertugas di puskesmas dari jauh-jauh hari sudah melakukan sosialisasi kepada warga terkait vaksin Covid- 19 tersebut. Maka setelah pencanangan, tim tenaga medis tinggal melaksanakan vaksinasi.

“Tahap pertama vaksinasi ini ada sekitar 263 orang yakni pejabat, ASN tenaga kesehatan di 14 puskesmas dan 23 pustu serta tenaga kesehatan non-ASN. Mereka sudah siap, tinggal tunggu waktu pelaksanaan satu atau dua hari kedepan. Sebab proses vaksin akan dilakukan melalui beberapa tahap yakni mulai dari tahap registrasi peserta, pemeriksaan kesehatan dan proses penyuntikan vaksin”, jelasnya.

Menurutnya, siapapun yang akan divaksin harus memenuhi kriteria kesehatan yakni, bebas penyakit jantung, hipertensi, darah tinggi, penyakit gula, TBC, asma dan beberapa jenis penyakit penyerta lainya.

“Jadi, terlebih dahulu kita harus melakukan pemeriksaan kesehatan. Apabila pesertanya ditemukan mederita gejala beberapa penyakit diatas. Tentu tidak diperbolehkan untuk mendapatkan vaksinasi”, tutupnya. [Valdo]

Komentar