Ratusan Personel Kodim 1707/Merauke Terjun Bersihkan Sampah Pasar dan Drainase

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Sebanyak 120 personel Kodim 1707/Merauke melaksanakan karya bakti membersihkan lingkungan di wilayah kota Merauke, Provinsi Papua Selatan, Kamis (7/12/23).

Pantauan Sorongnews.com, ratusan prajurit Kodim 1707/Merauke dengan semangat membara terjun langsung ke selokan dan drainase-drainase saluran air di Jalan Aru dan Jalan Prajurit dekat GOR Head Sai Merauke hingga pasar Baru Mopah Merauke.

Menggunakan alat seadanya berupa sekop, cangkul, sabit, karung untuk mengangkat seluruh sampah yang memenuhi saluran air.

Tak tanggung-tanggung baru beberapa jam pembersihan, para prajurit Kodim berhasil mengumpulkan 20 karung sampah. Jumlah sampah plastik pun terus bertambah.

Komandan Kodim 1707/Merauke, Letkol Inf Bayu Kriswandito melalui Kasdim 1707 Merauke, Mayor Arm Gordon Glenfield SL kepada media ini mengatakan, kegiatan karya bhakti tersebut dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir jelang musim penghujan sekaligus mencegah sebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Hari ini karya bakti dilaksanakan serentak oleh prajurit TNI AD, Kodim di seluruh Indonesia. Sasaran kali ini kami membersihkan sampah di kompleks pedagang ikan Pasar Baru Merauke serta pembersihan drainase saluran air disekitar Jalan Aru Merauke dan drainase di Jalan Prajurit Merauke,” ungkapnya disela-sela memimpin karya bhakti.

Kasdim 1707/Merauke mengakui, bencana banjir bisa timbul akibat tersumbatnya aliran air oleh tumpukan sampah didalam drainase pada musim penghujan. Bahkan, Merauke pernah mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

“Oleh karena itu, karya bakti ini juga bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit akibat genangan air yang tertumpuk sampah,” Jelas Mayor Arm Gordon Glenfield SL.

Mayor Arm Gordon Glenfield SL mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah disembarang tempat agar tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

“Kami berupaya semaksimal mungkin membersihkan semua sampah. Kegiatan ini akan rutin dilakukan setiap seminggu satu kali. Sehingga kami menekankan kepada seluruh personel agar melaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan ikhlas untuk masyarakat banyak. Sesuai moto TNI, dari rakyat untuk rakyat,” lugas Kasdim.

Sementara itu, warga Masyarakat di kompleks pasar baru Merauke, Sadrak Besakin mengucapkan terima kasih banyak kepada Kodim 1707/Merauke yang telah peduli melakukan pembersihan di kompleks pasar.

“Saya sebagai warga Pasar, mengucapkan terima kasih kepada Bapak TNI dari Kodim 1707/Merauke yang telah melaksanakan pembersihan di pasar ikan tradisional,” ucapnya.

“Kami berharap dengan kegiatan ini bisa membuat lingkungan pasar menjadi nyaman dan bersih dan ketika musim hujan tidak terjadi bencana,” imbuh Sadrak. (Hidayatillah)

___ __ ___

Komentar