Pos Satgas Yonif 133/YS Sory Diserang OTK, 1 Prajurit Tertembak

MAYBRAT, PBD- Pos Satgas Yonif 133/YS di Kampung Sory Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya dikabarkan diserang oleh kelompok Orang Tak Dikenal (OTK), Jumat (15/12/23) sekitar pukul 10.40 WIT.

Berdasarkan informasi diterima media ini, penyerangan terhadap Pos Satgas Yonif 133/YS Pos di Kampung Sory datang secara tiba-tiba dari arah pukul 13.00 dengan jarak sekitar 70 meter dari ketinggian. Dalam aksi penyerangan ini ada lima kali tembakan.

___

Akibatnya satu personel berinisial Pratu YBK terkena tembakan dibagian bahu atas sebelah kiri. Korban dalam kondisi sadar dan langsung dievakuasi ke Rumah Sakit (RS) Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel) untuk penanganan lebih lanjut.

Terkait hal ini, Danrem 181/PVT, Brigjen TNI Totok Sutriono melalui Kapenrem 181/PVT Sorong, Mayor Inf. Bambang Triyono saat dikonfirmasi menjelaskan bahwa, pasca penembakan oleh OTK ke Pos Sory Satgas Yonif 133/YS tersebut, tidak ada korban jiwa dan kondisi masih kondusif, dimana masyarakat melakukan aktifitasnya seperti biasa.

Kemudian, lanjut dia, anggota Satgas yang terkena rekoset peluru, kondisinya dalam keadaan sadar dan stabil. Sementara ini sedang dalam perawatan medis.

“Analisa kita, OTK ini tidak senang dengan perkembangan pembangunan di wilayah Kabupaten Maybrat yang sudah berangsur- angsur meningkat baik dari akses jalan maupun pembangunan lainnya,” ujar Kapenrem.

Menurutnya, OTK ini tidak nyaman dengan kehadiran TNI karena mereka tidak bisa bergerak bebas mengintimidasi masyarakat. Padahal TNI hadir di Maybrat mewakili negara untuk memberikan rasa aman terhadap rakyat walaupun resikonya harus menghadapi orang bersebrangan. Hal ini tentu demi terciptanya rasa aman di wilayah Indonesia pada umumnya termasuk Maybrat.

“OTK yang sering mengganggu masyarakat ini harus kita lawan bersama. Pasalnya, OTK ini dapat menghambat proses pembangunan khususnya di wilayah Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya. (*/Valdo)

___ ___

Komentar