Pleno Provinsi Hari Ini, KPU Kota Sorong Belum Selesaikan 2 Distrik

SORONG, PBD – Pelaksanaan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat Kota Sorong terhadap 10 Distrik dari 4 Dapil menyisakan 2 Distrik yang belum sama sekali melakukan rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara. 2 Distrik tersebut yaitu Distrik Sorong Utara dan Manoi.

Padahal hari ini, Rabu (6/4/24) dijadwalkan pelaksanaan rapat pleno terbuka tingkat Provinsi Papua Barat Daya dilaksanakan bertempat di Ballroom Pollaris ,Vega Hotel Sorong, Kota Sorong, Papua Barat Daya.

___

Diketahui, pelaksanaan rapat pleno terbuka tingkat Kota Sorong telah ditetapkan dan dijadwalkan berlangsung selama 3 hari, Minggu – Selasa (3-5/3/24).

Kendati demikian, pelaksanaan pleno rekapitulasi yang dijadwalkan harusnya selesai dan rampung pada hari Selasa (5/3/24), terpaksa diperpanjang hingga hari Rabu (6/3/24).

Hal ini lantaran pelaksanaan pleno Distrik Sorong Barat memakan waktu sehari dihari Selasa (5/3/24) dengan adanya indikasi penggelembungan suara, sehingga mengakibatkan pleno Distrik berikutnya yakni Distrik Malaimsimsa terpaksa digelar pada Rabu dini hari (6/2/24) sekitar pukul 00.45 WIT dan dilanjutkan Pleno Distrik Malaimsimsa.

Dalam pelaksanaan pleno Distrik Malaimsimsa secara umum berjalan lancar, namun ada beberapa kali terdengar interupsi dari saksi partai. Pelaksanaan pleno Distrik Malaimsimsa berakhir dan diketuk palu sidang oleh Ketua KPU Kota Sorong sekitar pukul 01.35 WIT.

Kemudian, setelah dilaksanakan pleno Distrik Malaimsimsa, Ketua KPU Kota Sorong didampingi Komisioner KPU Kota Sorong lainnya melakukan skorsing terhadap jalannya pleno yang menyisakan 2 Distrik yang belum.

Ketua KPU Kota Sorong, Ketua KPU Kota Sorong, Balthasar Bert Kambuaya usai ketok palu dan mensahkan pleno Distrik Malaimsimsa menuturkan bahwa, akan menggelar pelaksanaan pleno Distrik Sorong Manoi dan Sorong Utara bertempat di Hotel Rylich Panorama Sorong dan dilaksanakan akan digelar pada pukul 13.00 WIT.

“Untuk 2 Distrik yang belum melakukan rekapitulasi hasil perhitungan yakni Distrik Manoi dan Distrik Sorong Utara akan dilanjutkan jam 1 Siang, bertempat di Hotel Rylich Panorama Sorong,” terang Ketua KPU Kota Sorong, Balthasar Bert Kambuaya, Rabu (6/2/24) dini hari sekitar pukul 02.00 WIT.

Tak lama kemudian, sekitar pukul 02.35 WIT, Ketua KPU Kota Sorong plin-plan dengan meralat tidak jadi menggelar pelaksanaan pleno 2 Distrik yang belum di Hotel Rylich Panorama Sorong, melainkan tetap melaksanakannya di Vega Hotel Sorong.

“2 Distrik yang belum pleno tetap akan digelar plenonya di Vega Hotel, tidak jadi dilaksanakan di Panorama, namun tetap dilaksanakan di tempat ini, pada jam 1 siang, sesuai hasil koordinasi kami,” bebernya.

Pantauan Sorongnews.com, dalam pelaksanaan pleno 8 dari 10 Distrik selama 3 hari itu, banyak diwarnai segudang kegaduhan di luar ruangan pleno serta terjadinya interupsi oleh saksi parpol maupun saksi DPD, bahkan terdapat masyarakat yang menggedor pintu ruang pleno dan berteriak saat pleno berlangsung.

Terdapat pula sejumlah saksi menilai dan mencium aroma kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan rangkaian pleno itu. Beberapa saksi menyebut KPU-Bawaslu saling lempar bola dan argumen untuk pembelaan diri serta kerap kali terjadi blunder dalam sejumlah pernyataan yang dikeluarkan dari tubuh Komisioner KPU Kota Sorong.

Hingga berita ini diterbitkan, aparat kepolisian masih berjaga dilokasi tempat pelaksanaan rapat pleno terbuka tingkat Kota Sorong itu untuk menghindari dan mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan dapat sewaktu-waktu kembali terjadi. (Jharu)

___ ___

Komentar