oleh

Pj. Bupati Maybrat Berikan Bantuan dan Tinjau Warga Eksodus di Aifat Selatan

MAYBRAT,- Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Dr. Bernhard E. Rondonuwu, turun untuk pantau secara langsung kondisi kampung-kampung se- wilayah Distrik Aifat Selatan, Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, Senin (23/1/23). Pemantauan langsung ini mengingat adanya rencana pemulangan para warga eksodus.

Disaat mengelilingi wilayah Aifat Selatan, Pj. Bupati pula menyerahkan bantuan berupa alat penerangan seperti, genset dan lampu di Kampung Sorry, Sabah, Tahsimara, sama Samerakator warga eksodus di Distrik Aifat Selatan. Tak hanya itu, Ia juga mengunjungi Pos TNI Batalyon 762 yang ada di Kampung Faan Kahrio, Aifat Timur Tengah Maybrat.

Pj. Bupati mengungkapkan, pihaknya sangatlah berkomitmen dalam menangani warga eksodus yang berada di Distrik Aifat Timur Raya maupun se- Aifat Selatan. Oleh sebab itu, Ia meminta kepada seluruh kepala kampung agar memberi data faktual terkait jumlah penduduk warga eksodus yang telah kembali dan yang masih di luar kampung.

Tak hanya itu saja, meminta kepada seluruh kepala kampung mendata bahan-bahan materil yang sudah rusak, sehingga ada tolak ukur bagi pemerintah daerah untuk mengetahui kebutuhan warga eksodus yang berada di wilayah kampung masing-masing.

“Kita akan lakukan pemulangan itu dengan 4 tahap yakni, tahap pertama pemulangan warga eksodus Kampung Kisor dan sekitar. Tahap kedua, dilakukan pemulangan mulai dari Kampung Sorry hingga di Samerakator sebelum jembatan Kamundan Aifat Selatan. Tahap ketiga dan keempat, pemulangan di lanjutkan ke Aifat Timur Tengah, Aifat Timur, dan Aifat Timur Jauh,” terangnya.

Pemberikan bantuan genset serta lampu kepada beberapa pemerintah kampung tersebut. Harapannya adalah pada malam hari warga sekitar dapat merasakan adanya penerangan di kampung masing-masing. (Valdo)

Komentar