Pengprov Akuatik Indonesia Papua Selatan Periode 2023-2027 Dilantik, Melaju ke PON XXI 2024

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Ketua Umum (Ketum) Pengurus Besar (PB) Akuatik Indonesia, Anindya Novyan Bakrie melalui Wakil Ketua Umum (Waketum) PB Akuatik Indonesia, Sarman Simanjorang mengukuhkan/melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Akuatik Indonesia Papua Selatan masa bhakti 2023-2027 di aula Sunny Day Inn Hotel Merauke, Kamis (30/11/23) sore.

Pantauan Sorongnews.com, pengukuhan/pelantikan Pengprov Akuatik Indonesia Papua Selatan yang dinakhodai Agus Eko Prasetyo selaku Ketum dan Fabianus Beoruci selaku Ketua Harian. Disaksikan oleh Sekjen PB Akuatik Indonesia, Ali Pattiwiri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Sugiyanto dan tamu undangan.

___ ___ ___ ___

Waketum Akuatik Indonesia, Sarman Simanjorang dalam sambutannya mengatakan, dilantiknya Pengurus Akuatik Provinsi Papua Selatan maka panji cabang olahraga air (akuatik) Provinsi Papua Selatan akan berkibar diiven nasional terutama pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) yang akan berlangsung September mendatang.

“Bendera akuatik Papua Selatan akan berkibar pertama kali pada PON 2024 Aceh-Sumut,” ungkapnya.

Sarman berpesan kepada ketua dan anggota Pengprov Akuatik Papua Selatan untuk mempersiapkan atlet dalam waktu 1 tahun kedepan menuju keikutsertaan PON 2024 sehingga bisa menyumbangkan medali emas.

“Untuk itu, ini bukan hal yang gampang. Kita berharap supaya Pengprov membuat kejuaraan-kejuaraan antar sekolah, pelajar untuk mencari bibit atlet akuatik,” ujarnya.

Sarman menyarankan, Pengprov Akuatik Papua Selatan bekerjasama dengan Lantamal XI untuk menyelenggarakan kejuaraan renang. Seperti halnya PB Akuatik Indonesia telah bekerjasama dengan TNI AL untuk menggelar kejuaraan renang terbuka.

Terlebih Akuatik Indonesia sebelumnya disebut Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) menjadi cabor ke-13 yang telah dilantik pengurusnya di Papua Selatan.

Dengan demikian, menjadi momentum kedepan Pengprov Akuatik Papua Selatan mampu membangun stadion akuatik yang berstandar internasional.

“Tentu ini adalah Pengprov Akuatik Indonesia pertama yang kita lantik diantara 4 provinsi baru di Tanah Papua. Tadinya, Ketum Akuatik Indonesia yang akan melantik namun baru sampai dari Amerika mendampingi Presiden acara Apec dan masih padat jadwal kegiatannya sehingga menugaskan saya bersama sekjen PB Akuatik Indonesia ke Merauke, Papua Selatan,” beber Sarman.

Dikesempatan yang sama, Ketum Pengprov Akuatik Indonesia Papua Selatan, Agus Eko Prasetyo dalam sambutannya menuturkan, organisasi ini sebagai wadah membangun prestasi atlet guna membanggakan Papua Selatan, bangsa dan negara sehingga bisa tumbuh dan berkembang.

“Diharapkan dari seluruh rangkaian kegiatan ini dapat menjadi perekat dan alat pemersatu yang kuat bagi masyarakat pecinta olahraga akuatik,” lugasnya.

Pembentukan Pengprov Akuatik Indonesia Papua Selatan sangat penting dan masyarakat akan lebih mengenal disiplin akuatik antara lain, renang, renang indah, loncat indah, polo air, renang perairan terbuka, artistik dan master.

“Kepada seluruh pengurus, saya harapkan dapat bekerja sesuai AD-ART akuatik Indonesia dan menjalankan program kerja yang telah ditetapkan bersama Pengprov Papua Selatan,” ucap Agus.

Sementara itu, Wakil Kepala Bidang Organisasi KONI Papua Selatan, Sony Darsono mengucapkan selamat kepada Pengprov Papua Selatan yang baru dikukuhkan.

“Sekarang yang muda yang berkarya. Ketum Pengprov Akuatik Indonesia Papua Selatan adalah salah satu anggota dewan berprestasi di Merauke. Maka gantungkan nasib anak-anak, adik-adik seluruh pecinta renang di Papua Selatan,” ujarnya. (Hidayatillah)

___ __

Komentar