Pangkoarmada III Pimpin Apel Gelar Pasukan Latihan Kesiapsiagaan Operasional SAR

SORONG, PBD – Panglima Koarmada III (Pangkoarmada ) Laksamana Muda TNI Hersan memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka Latihan Kesiapsiagaan Operasional (LKO) SAR TA. 2024 di Dermaga Lantamal XIV Sorong Papua Barat Daya, Senin (13/5/24).

Dengan Tema “Koarmada III Melaksanakan Operasi Pencarian dan Penyelamatan/SAR di Wilayah Perairan Papua Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”,  bertindak sebagai Pengambil Apel Gelar Pasukan, yaitu Komandan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada III Laksamana Pertama TNI Sumarji Bimoaji selaku Komandan Satgas LKO SAR tersebut.

Adapun peserta apel gelar terdiri dari Peleton Staf Latihan dan Perwira KRI, Peleton Gabungan ABK KRI, Tim Gabungan Satkopaska dan Dislambair Koarmada III, Peleton Yonmarhanlan Sorong, Tim Medis Gabungan RSAL Oetoyo dan Diskes Koarmada III, Peleton Gabungan Instansi Maritim dan Peleton Bulsi serta Unsur/Perlengkapan/Sarana pendukung Latihan.

Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan Unsur Alutsista, Personel, Tenaga Kesehatan dan Penerangan, meliputi kesiapan pengertian dan pemahaman tugas serta tanggung jawab masing-masing Unsur Tugas maupun Kesiapan Teknis Alutsista yang dilibatkan, sehingga pelaksanaan Tahap Maneuver Lapangan dapat terlaksana dengan baik, efektif dan efisien guna mencapai sasaran yang telah ditentukan.

Dalam amanatnya, Pangkoarmada III selaku Direktur Latihan (Dirlat) menyampaikan penekanan kepada Peserta Latihan, agar selalu berdoa kepada Allah SWT dalam melaksanakan setiap rangkaian kegiatan, selanjutnya agar Peserta Latihan memahami betul secara rinci semua prosedur, aturan, tugas dan tanggung jawab masing-masing serta melaksanakan tahapan maneuver lapangan secara serius dan penuh rasa tanggung jawab disertai motivasi yang tinggi sehingga mampu mencapai sasaran latihan yang telah ditetapkan oleh kelompok perancang latihan.

Lebih lanjut, Pangkoarmada III menekankan agar Peserta Latihan juga agar selalu melaksanakan koordinasi secara tepat dan cepat dengan semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam hubungan tugas perbantuan operasi SAR di laut sesuai dengan prosedur yang berlaku, serta selalu berpegang teguh pada prinsip Zero accident sebagai upaya untuk memperkecil kecelakaan dengan mengutamakan keselamatan baik personel maupun material dalam melaksanakan operasi, mulai dari tahap keberangkatan, pelaksanaan maupun kembali ke Pangkalan awal.

Pada akhir amanat, Pangkoarmada III berpesan kepada Tim Wasdal agar melaksanakan pengawasan, pengendalian dan penilaian secara cermat terhadap seluruh rangkaian Kegiatan pada tahap Maneuver Lapangan, sehingga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk latihan dimasa mendatang.

Turut hadir dalam Apel Gelar Pasukan antara lain Kapok Sahli Koarmada lII Laksma Ridwan Prawira, S.T., M.Han., selaku Kawasdal, Danlantamal XIV Sorong Laksma TNI  Deny Prasetyo, Para PJU dan Kasatker Koarmada III, Dirpolairud Papua Barat, Para Asisten Danguskamla Koarmada III, Asisten Danlantama XIV Sorong, Dansatrol Lantamal XIV, Dir Polairud Polda Papua Barat, Kepala KPLP Sorong, Kepala Kantor SAR Sorong, Kepala KSOP Kelas 1 Kota Sorong dan Kepala BMKG Sorong. (**/Oke)

___

Komentar