Palang Jalan Masuk FK Unipa Kabsor Akhirnya Dibuka

KABUPATEN SORONG, PBD – Jalan masuk menuju Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Papua (Unipa) Kabupaten Sorong yang dipalang sejumlah warga adat pada Minggu sore (7/7/24) hingga Senin (8/7/24) akhirnya dibuka.

Kasat Intelkam Polres Sorong, Iptu Victorinus Nadi Aryo Sancoyo mengatakan bahwa, pemalangan jalan utama menuju FK Unipa Kabsor sudah dibuka pada Selasa pagi (9/7/24).

“Pemalangan jalan kampus itu sudah dibuka kemarin pagi,” kata Kasat Intelkam Polres Sorong, Iptu Victorinus Nadi Aryo Sancoyo kepada Sorongnews.com, Rabu (10/7/24).

Lebih lanjut, diakuinya bahwa, dalam proses pembukaan pemalangan dilakukan oleh marga Kalawen, sementara yang melakukan pemalangan dari marga Kalaibin.

“Kemarin yang palang itu dari marga Kalaibin, yang buka palang dari marga Kalawen, karena yang dipalang itu merupakan wilayah hak ulayat marga Kalawen, sehingga marga Kalawen membuka pemalangan,” ujarnya.

“Ada 3 marga pemilik hak ulayat di wilayah kampus FK Unipa, ada marga Kalawen, Suu dan Kalaibin,” lanjutnya.

Pada kesempatan yang sama, disebutkannya, penyelesaian permasalahan pembiayaan hak ulayat itu sudah terjadi di tahun 2018 silam.

“Persoalan inikan sudah diselesaikan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya sejak tahun 2018, namun marga Kalaibin mengaku belum mendapatkan penyelesaian pembiayaan hak ulayat, sehingga meraka (marga Kalaibin) melakukan pemalangan itu,” sebutnya.

Dirinya berharap, persoalan yang terjadi dapat dibicarakan dengan baik, sehingga persoalan seperti ini tidak berimbas kepada yang lain.

“Mudah-mudahan persoalan seperti ini dapat bicarakan secara baik-baik, apalagi ini dapat berimbas kepada yang lain, sehingga kami harapkan kedepannya persoalan bisa dibicarakan dengan baik,” harapnya.

Diberitakan Sorongnews.com sebelumnya, jalan masuk Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Papua (Unipa) Kabupaten Sorong, dipalang sejumlah warga yang mengatasnamakan warga adat.

Aksi pemalangan itu disinyalir dilakukan oleh Marga Kalaibin. Tercatat, 3 marga adat merupakan pemilik hak ulayat tanah Fakultas Kedokteran Unipa Kabupaten Sorong diantaranya marga Kalawen, Suu dan Kalaibin.

Berdasarkan pantauan Sorongnews.com Senin (8/7/24) pagi, aksi pemalangan Fakultas Kedokteran itu menggunakan ranting pohon yang menutupi ruas jalan utama masuk menuju Fakultas Kedokteran Unipa Kabupaten Sorong.

Selain menggunakan ranting pohon untuk menutup akses jalan masuk, diranting-ranting pohon terdapat belasan kain merah yang diikat kuat di ranting pohon. (Jharu)

____

Komentar