KPUD Papua Barat Daya Terima Berkas MSR Calon Anggota DPD RI

SORONG,- Setelah delapan hari dibukanya pendaftaran bagi Bakal calon (Balon) anggota Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat Daya akhirnya Sanusi M. Rahaningmas menjadi orang pertama yang menyerahkan dokumen persyaratan kepada pihak KPU Papua Barat Daya, Kota Sorong, Senin, (2/1/23).

Dokumen persyaratan berupa dukungan minimal pemilih bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat Daya diserahkan langsung kepada Plt KPUD Provinsi Papua Barat Daya Fatmawati.

___

“Ini hari ke delapan sejak kami membuka penyerahan syarat dukungan terhitung sejak 26 desember 2022 sampai pada 8 januari 2023, dan bapak adalah bakal calon pertama yang telah menyerahkan dokumen tersebut,” ungkap Fatmawati.

Lanjutnya, setelah diterima akan langsung diperiksa terkait kelengkapan, kesesuaian, dan pemenuhan syarat dukungan pemilih serta syarat sebaran minimal 50 persen di Kabupaten/Kota se- Provinsi Papua Barat Daya.

Jelasnya, apabila dokumen memenuhi syarat KPU akan berikan tanda terima kepada bakal calon dan juga berita acara penerimaan, tetapi sebaliknya jika setelah diperiksa tidak lengkap maka pihak KPU akan memberikan formulir pengembalian bagi bakal calon agar dapat memperbaiki lalu mengembalikannya sebelum batas waktu yang ditentukan.

Sementara itu, Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah Provinsi Papua Barat Daya Sanusi Rahaningmas, menuturkan keoptimisannya dalam pertarungan di periode 2024 mendatang sebab dokumen dukungan yang tersebar sesuai ketentuan dan telah dinyatakan lolos verifikasi.

“Alhamdulillah setelah penyerahan tadi dan diperiksa juga verifikasi saya dinyatakan lolos artinya dokumen tersebar melebihi dari ketentuan 50% tapi kita 100% dari 5 Kabupaten dan 1 Kota,” tegas Sanusi saat ditemui media usai menyerahkan dokumennya.

Bebernya, yang jelas bahwa setelah nanti verifikasi faktual akan melaksanakan verifikasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan khusus dari calon DPD secara pribadi, pihaknya akan siapkan tim disemua Kabupaten/Kota untuk membantu KPU agar mempermudah verifikasi yang dilaksanakan oleh teman-teman KPU RI dalam hal ini diwakilkan oleh KPU PBD.

Sehingga Ia berharap, dalam rangka menyongsong pemilu 2024 mendatang semua sama-sama saling bahu-membahu memberikan yang terbaik untuk provinsi baru, sebab sesungguhnya provinsi baru pasti ada kendala juga ada masalah dan banyak tantangan yang akan dihadapi.

“Jikalau masyarakat Papua Barat Daya ini konsisten dan punya perhatian penuh untuk melaksanakan atau ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan pilpres maupun pilkada, saya yakin dan percaya bahwa semua akan jalan lancar,” terangnya.

Perlu diketahui bersama sebelum menyerahkan dokumen dukungan pihak KPU terlebih dahulu memberikan cendramata sebagai kenang-kenangan bagi bakal calon, dan diakhiri dari pada penyerahan saat meninggalkan kantor KPU Sanusi Rahaningmas disambut dengan bunyian gendang oleh rombongan yang juga turut mengantarkannya serahkan dokumen ke pihak KPU. (Mewa)

___ ___

Komentar