oleh

Koarmada III Bersihkan Puing Rumah Hanyut di Klademak Pantai

SORONG,- Koarmada III bersama Pasmar III dan Lantamal XIV melakukan aksi sosial dalam membantu warga yang terdampak bencana alam di Jembatan Puri, Kelurahan Klaligi, Kota Sorong, Papua Barat, Kamis pagi (24/2/22).

Pantauan sorongnews.com sebanyak 245 personil dengan memakai baju putih dan celana biru tumpah ruah di area sekitaran rumah warga yang terdampak bencana, dan ikut membantu warga membersihkan puing-puing papan yang telah diterjang ombak pada Selasa kemarin (22/2/22).

Tak hanya itu, sebagian papan yang masih bisa digunakan dikumpul menjadi satu, untuk digunakan dalam membangun kembali perumahan warga.

Saat di jumpai usai meninjau perumahan warga yang terdampak bencana alam, Panglima Komando Armada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, kepada sorongnews.com mengatakan setelah mendengar adanya bencana alam yang menimpa warga, dirinya langsung menyiapkan personil untuk melakukan aksi sosial.

Panglima Koarmada III (kanan) serahkan paket sembako kepada warga terdampak bencana alam/Fatrab

“Setelah kami tahu ada saudara kita yang kena dampak bencana alam, ada rumah yang rusak dan sebagin besar barang-barangnya hilang, kami turun untuk membantu,” katanya.

Dikatakannya dengan kehadiran Koarmada III bersama Lantamal XIV dan Pasmar III memberikan sedikit bantuan kepada warga Jembatan Puri, Kelurahan Klaligi, yang terdampak bencana alam.

“Sekitar 20 KK, kami berikan bantuan mudah-mudahan bantuan yang tidak seberapa ini, bisa meringankan beban mereka kita juga siapkan seluruh anggota, untuk kerja bakti sosial, yang mana membersihkan puing-puing, mungkin ada barang yang masih di laut,” tambah Panglima Komando Armada III.

Selain melakukan aksi sosial, terdapat pula bantuan sembako seperti, beras, minyak, mie dan lainnya yang diberikan oleh Koarmada III bersama Pasmar III dan Lantamal XIV kepada warga yang terdampak untuk dikonsumsi beberapa hari kedepannya.

“Kami juga siapkan posko kesehatan, mungkin ada warga yang setelah kejadian kemarin ada yang sakit, tadi sudah ada yang diperiksa juga ibu hamil dan ada pula yang baru melahirkan,” sambung Panglima Komando Armada III.

Dikatakan Panglima Komando Armada III, yang sangat dibutuhkan warga saat ini adalah penambahan terpal dan penambahan tenda serta pembenahan tempat tidur, agar air yang mengalir di jalan tidak membasahi tempat tidur warga.

Selanjutnya Koarmada III bersama Pasmar III dan Lantamal XIV juga akan memberikan bantuan kepada warga kepulauan Doom dan sekitarnya, kemudian mereka juga akan bekerjasama dengan pemerintah daerah untuk membantu membangun kembali perumahan warga yang terdampak bencana alam.

“Mudah-mudahan kita sesama warga pesisir, sama-sama orang laut kita merasa terpanggil untuk membantu saudara-saudara kita,” imbuh Jendral bintang dua tersebut. (Fatrab)

Komentar