oleh

Ketua Panitia HUT RI dan HUT Sorsel Dipolisikan Gegara Belum Bayar Hutang

SORONG SELATAN, PBD – Panitia penyelenggara Hari Ulang Tahun (HUT) RI dan HUT Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya diadukan ke polisi atas dugaan hutang yang belum dibayar ke sejumlah pihak dengan kisaran ratusan juta Rupiah.

Kasat Reskrim Polres Sorong Selatan, Iptu Muharyadi kepada sorongnews.com, Selasa (6/9/23) membenarkan bahwa telah menerima aduan masyarakat terkait Kabupaten Sorong Selatan dan panitia HUT RI di Kabupaten Sorong Selatan.

Muharyadi mengatakan pengaduan itu diterima Polres Sorong Selatan pada 23 Agustus 2023. Awalnya, 4 korban melaporkan belum menerima pembayaran usai pelaksanaan kegiatan HUT RI pada 17 Agustus 2023 dan HUT Kabupaten Sorong Selatan pada 7 Agustus 2023, mereka mengaku mengalami kerugian sekitar Rp 300 juta.

“Ada 4 pelapor dari masyarakat, EO, rental mobil, percetakan dan sebagainya. Pengaduan pada 23 Agustus 2023. Dengan total kerugian yang dialami korban itu sementara ditotalkan sekitar Rp 300 juta,” ungkapnya.

Polisi telah memeriksa 6 orang saksi. Dari keterangan saksi tidak menunjukkan keterlibatan Pemerintah Daerah sebab anggaran perayaan HUT Kabupaten Sorong Selatan dan HUT RI telah dikuncurkan ke panitia pelaksana.

“Jadi yang diadukan itu adalah Panitia HUT RI sekaligus Panitia HUT Kabupaten Sorong Selatan. Kami melakukan klarifikasi terhadap pihak-pihak yang belum dibayar oleh panitia. Sementara saksi yang sudah diklarifikasi sebanyak 6 orang,” ungkapnya.

Dia menyebut anggaran tersebut tidak dikelolah dengan baik oleh panitia pelaksana. Akibatnya, sejumlah item belum dibayarkan dan beberapa item lainnya baru dibayar sebagian.

“Anggaran HUT Pemda Kabupaten Sorong Selatan dan HUT RI yang telah disalurkan kepada panitia pelaksana, kemungkinan tidak dikelola dengan manajemen yang baik sehingga ada beberapa item acara ada yang baru dibayarkan sebagian dan bahkan ada yang belum terbayarkan sama sekali,” tutupnya.

Sementara itu ketua panitia HUT, Abraham Thesia yang coba dimintai konfirmasinya melalui pesan singkat pada Rabu (6/9/23) hanya membalas “Nanti kk tlp” dan belum ada informasi lanjutan hingga hari ini.

Perayaan HUT RI dan HUT Kabupaten Sorsel diketahui dikucurkan dana oleh Pemda Sorsel miliaran rupiah. Puncak HUT Kabupaten Sorong dirayakan dengan suka cita dengan dihadiri oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya.

Belum diketahui alasan jelas sehingga ada kurang bayar pada sejumlah pendukung dan pengisi acara HUT. (Oke)

Komentar