Indonesian Reporters Alliances for Climate (In Race) Pertama Dibentuk di Provinsi Termuda

SORONG, PBD – Sejumlah jurnalis media online dan Televisi mendeklarasikan Indonesian Reporters Alliances for Climate (In Race) usai mengikuti lokalatih yang digelar Green Press Indonesia dan PT ANJ group di Kota Sorong 29 Februari 2024 lalu.

Ketua Green Press Indonesia, IGG Maha Adi kepada sorongnews.com mengatakan bahwa Indonesian Reporters Alliances for Climate (In Race) merupakan wadah atau sebuah forum jurnalis yang fokus terhadap perubahan iklim. Ia mengatakan perubahan Iklim saat ini menjadi ancaman selain perang nuklir dan AI yang terus berkembang.

___

“Apalagi Papua rentan terhadap perubahan Iklim karena memiliki sumber daya yang besar sekali di atas tanah hingga di bawah laut,” ujar mantan jurnalis Tempo ini.

Melalui Forum ini, diharapkan jurnalis In Race di Papua Barat Daya dapat mudah memperoleh informasi terkait biodiversity and climate change, sharing sumber daya antara Green Press Indonesia dengan In Race Papua Barat Daya, baik melalui lokalatih, fellowship dan kegiatan bersama lainnya untuk mitigasi perubahan iklim.

“Sampai saat ini belum ada asosiasi perubahan iklim di Indonesia dan In Race ini menjadi yang pertama kita deklarasikan di Provinsi Termuda Papua Barat Daya,” ujar Adi.

Salah satu jurnalis yang turut hadir dalam deklarasi tersebut, Aris Balubun bersyukur dengan deklarasi tersebut. Ia mengatakan potensi sumber daya Papua yang begitu besar harus didukung semua pihak termasuk jurnalis atau wartawan melalui karya tulis di media masing-masing.

“Saya berharap dengan adanya In Race ini, Kami wartawan di Papua Barat Daya bisa lebih banyak menulis terkait biodiversity dan perubahan iklim di wilayah Kami. Mengingat Sumber daya disini banyak, mulai dari hutan. mangrove, hingga bawah laut,” ujar Pemred koreri.com tersebut.

Director of Sustainbility and Corporate Communication ANJ Group, Nunik Maharani mewakili perusahaan ANJ mengucapkan selamat atas deklarasi Indonesian Reporters Alliances for Climate (In Race). Sebagai salah satu perusahaan yang fokus terhadap lingkungan, ANJ merasa terhormat dievent lokalatih muncul deklarasi In Race yang berisi jurnalis yang fokus terhadap perubahan iklim.

“Saya sangat senang dan bangga, Kami ANJ dapat memfasilitasi pertemuan jurnalis-jurnalis dalam lokalatih bersama Green Press Indonesia dan melihat komitmen rekan-rekan Jurnalis yang tetap berpegang teguh selama lokalatih. Ada yang santai tapi memperhatikan tanya jawab, presentasi tetap mengikuti dengan seksama dan dapat melihat salah satu lokasi rehabilitas bantuan tanaman hutan dan pohon di DAS Malanu,” ujar Nunik

Ia berharap kemitraan yang telah terjadi semakin bertambah kedepannya, terutama dalam perihal komitmen terkait biodiversitas dan perubahan iklim. (oke)

___ ___

Komentar