Gembira Beragama, Cegah Upaya Radikalisme dan Terorisme di Kabupaten Sorong

KABUPATEN SORONG, PBD – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) bekerjasama dengan Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Papua Barat menggelar Gembira Beragama Gerakan Muda Bangsa Bernegara dan Beragama bertempat di Aula Rupatama Endra Dharmalaksana, Polres Sorong, Kabupaten Sorong, Kamis (16/5/24).

Koordinator Keuangan BNPT RI, Syaiful Rachman menuturkan bahwa, terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan yang dapat menyasar siapa saja yang berbeda pemahaman dengan golongan radikalisme.

“Tindak pidana terorisme merupakan kejahatan kemanusiaan karena bisa menyasar siapa saja yang berbeda pemahaman dengan mereka, bahkan perempuan, anak-anak hingga orang tua yang harusnya dilindungi turut menjadi korban dengan adanya aksi terorisme,” tutur Syaiful Rachman.

Lebih lanjut, dipaparkannya bahwa, generasi milenial hingga kaum perempuan dinilainya sebagai golongan yang rentan terpapar paham radikalisme dan terorisme, sehingga dengan itu harus dilakukan upaya pencegahan.

“Generasi milenial dan perempuan yang aktif dalam sosial media rentan terpapar paham radikalisme dan terorisme, sehingga kita harus mencegah hal itu,” paparnya.

Disambungnya, terdapat faktor-faktor yang paling efektif untuk mencegah upaya radikalisme dan terorisme yang telah berkembang ditengah-tengah masyarakat.

“Faktor yang paling efektif dalam mencegah upaya radikalisme dan terorisme secara berturut-turut adalah bijak dalam bersosial media, internalisasi kearifan lokal, perilaku kontra radikal dan pola pendidikan keluarga kepada anak,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong, Adri B. Timban mengatakan, pelaksanaan kegiatan Gembira Beragama ini sebagai upaya mencegah terjadinya radikalisme dan terorisme di wilayah Kabupaten Sorong.

“Kegiatan ini sebagai upaya hal-hal tersebut (radikalisme dan terorisme) tidak sampai di Kabupaten Sorong, kita jaga Kabupaten Sorong, kita jaga tanah Malamoi ini, kita jaga bersama,” kata Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong, Adri B. Timban.

Dirinya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang telah pro aktif membantu pemerintah daerah dalam menggalakan kedamaian diseluruh wilayah Kabupaten Sorong.

“Terima kasih kepada seluruh pihak, terima kasih kepada masyarakat adat yang senantiasa membantu pemerintah daerah, selalu pro aktif dalam menggalakkan kedamaian di Kabupaten Sorong ini,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, dirinya mengakui bahwa, Kabupaten Sorong merupakan wilayah yang luar biasa dari sisi keamanannya, sehingga dirinya berharap, situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Sorong ini terus menerus terjaga.

“Kabupaten Sorong ini sangat luar biasa aman, kalau ada ribut-ribut sedikit biasanya pengaruh miras, kalau pengaruh isu sara, isu-isu antar golongan, selama ini kita belum ada, sehingga kita berharap situasi dan kondisi ini terus menerus terjaga dengan baik di Kabupaten Sorong demi terciptanya keamanan ditengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan Gembira Beragama itu diikuti oleh 100 peserta lintas Organisasi Kepemudaan hingga lintas Organisasi Keagamaan. (Jharu)

___

Komentar