Forum Pencaker OAP di Papua Barat Daya Geruduk Kantor Gubernur Minta Penerimaan CPNS 100% Orang Asli Papua

SORONG, PBD- Forum Pencari Kerja Orang Asli Papua (OAP) datangi Kantor Gubernur Papua Barat Daya untuk, meminta 100% kesempatan diberikan kepada Orang Asli Papua dalam penerimaan CPNS tahun ini.

Satu dari beberapa spanduk yang terpantau sorongnews.com, bertuliskan “Kami Minta Kepada Non OAP Berikan Kesempatan Untuk Kami Jadi Tuan Di Papua Barat Daya”.

Koordinator Lapangan Jholfin Kareth, kepada media menjelaskan bahwa maksud kedatangan Forum Pencaker OAP di Provinsi Papua Barat Daya untuk meminta 100% penerimaan CPNS mendatang khusus untuk OAP.

“Kami ingin menyerahkan aspirasi kami kepada Pj Gubernur karena semua pencaker OAP sudah terjaring melalui link yang telah disiapkan lalu diinput oleh teman-teman pencaker lain,” ungkap Koorlap Forum Pencaker OAP di Papua Barat Daya, Jholfin Kareth, Selasa (16/04/24).

Tegasnya, kami datang membicarakan aspirasi kali ini berdasarkan data pengangguran orang asli Papua yang didalamnya S1, S2, SMA dan SMK masing-masing berapa.

Baginya, sudah cukup berbicara tanpa data namun sekarang semua data telah diperoleh dan akan dipresentasikan kepada pemerintah kalau masih banyak anak-anak Papua yang menganggur.

“Tolong pemerintah berikan hak mereka karena mereka sudah pintar banyak sarjana-sarjana yang keluar tiap tahun, pemekaran semakin menjamur namun lapangan pekerjaan untuk OAP semakin tertutup,” bebernya.

Yang menjadi aspirasi utama ialah penerimaan CPNS tahun 2024 di Provinsi Papua Barat Daya orang asli papua dikasih kouta 100 %.

“Kami tidak pakai kompromi lagi dengan 80/20 sudah cukup kemarin-kemarin yang sudah menikmati birokrasi, akan tetapi sekarang biarlah bagian kami anak-anak asli Papua sebab pemekaran hadir untuk OAP maka berilah kesempatan,” pungkasnya.

Paparnya, penyerahan aspirasi tidak hanya sampai didaerah tetapi kami akan berusaha dengan Pemerintah, MRP Fraksi Otsus bersama Tim Pencaker OAP akan kawal hingga ke Pusat.

Sementara terlihat perwakilan pemrov yakni Pj Sekda Papua Barat Daya Jhony Way, dimana dalam penyampaiannya kalau semua aspirasi akan disampaikan kepada Pejabat Gubernur yang saat ini masih berada diluar daerah.

Terlihat usai melaksanakan demo Forum Pencaker OAP membubarkan diri dengan tertib dan aman kemudian mereka akan kembali di hari Kamis mendatang. (Mewa)

___

Komentar