Dinsos PBD Tingkatkan Kapasitas Bagi Taruna Siaga Bencana (Tagana)

SORONG, PBD- Guna menguatkan kapasitas dalam penanganan bencana Pemerintah Provinsi Papua Papua Barat Daya dalam hal ini Dinas Sosial melakukan pelatihan bagi Taruna Siaga Bencana (Tagana), disalah satu hotel Kota Sorong, Kamis (30/11/23).

Kegiatan berlangsung selama sehari dengan melibatkan tenaga relawan siaga bencana Kota/Kabupaten se- Provinsi Papua Barat Daya dan dihadiri perwakilan Forkompinda serta beberapa OPD terkait.

___ __

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Provinsi Papua Barat Daya Beatriks Msiren, mengatakan Tagana merupakan relawan sosial atau tenaga kesejahteraan sosial yang berasal dari masyarakat.

“Tagana ini merupakan relawan sosial yang betul-betul memiliki kepedulian serta aktif dalam penanggulangan bencana terlebih bidang perlindungan sosial,” ujar Kadis Sosial (PPPA) Provinsi Papua Barat Daya Beatriks Msiren, saat memberi keterangan pers.

Keberadaan Tagana sesuai Peraturan Menteri Sosial (Permensos) Nomor 28 tahun 2012 tentang Tagana, berikut Permensos Nomor 29 tahun 2019 tentang Pedoman Tagana.

“Sekali orang-orang yang ada dalam Tagana ini mereka adalah taruna yang bekerja dengan kesadaran diri tanpa menunggu perintah baru berkerja tidak seperti itu ya,” ungkapnya.

Sehingga, setelah berkahirnya kegiatan penguatan kapasitas Tagana diharapkan dapat lebih meningkatkan kemampuan sebagai motivasi dalam menyikapi situasi dan kondisi di lingkungannya.

Sementara itu, sebelum membuka kegiatan Pj Gubernur Papua Barat Daya melalui Assisten III Setda-PBD, Atika Rafika, mengapresiasi kehadiran Tagana karena dinilai sangat membantu tugas pemerintah.

“Kami sangat berterima kasih kepada bapak-ibu Tagana karena telah terlibat langsung dalam misi mulia sebab bekerja dengan kerelaan hati tanpa ada paksaan,” terangnya.

Tambahnya, semoga Tangana selalu kompak dan satu dalam menjalankan tugas membantu masyarakat dan pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana baik Provinsi Papua Barat Daya terlebih Kota/Kabupaten masing-masing. (Mewa)

___ __ ___

Komentar