Bupati Raja Ampat Buka Festival Suling Tambur, Diikuti 20 Tim

RAJA AMPAT, PBD -Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati secara resmi membuka Festival Suling Tambur dalam rangka meriahkan HUT Kabupaten Raja Ampat Ke-21 tahun.

Bupati AFU didampingi Wakil Bupati, Kapolres Raja Ampat, Danposal Raja Ampat dan segenap pejabat pemda di halaman kantor Bupati Raja Ampat, Rabu (8/5/24).

Peserta dilepas oleh Bupati di halaman kantor Bupati dengan berjalan sejauh kurang lebih 1 kilometer menuju pantai Waisai Torang Cinta (WTC). Festival Suling Tambur diikuti oleh 20 grup dari 20 distrik di wilayah Kabupaten Raja Ampat.

Bupati Raja Ampat, Abdul Faris Umlati dalam arahannya menyampaikan, Festival Suling Tambur bukan sekedar mencari juara, tetapi perlu dipahami bahwa ini adalah budaya dan ciri khas orang Raja Ampat.

Menurut dia, ini merupakan suatu kekuatan besar menunjukan terhadap seluruh masyarakat kabupaten Raja Ampat, tetapi juga orang luar bahwa Raja Ampat memiliki budaya tersendiri.

“Kita memilki budaya sendiri dibandingkan dengan wilayah adat yang lain. Oleh karena itu, saya mengajak semua untuk menghargai dan mencintai nilai nilai adat, ” kata AFU

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada 20 Grup Suling Tambur yang telah mengikuti perlombaan tersebut.

Diketahui, peserta memperebutkan piala bergilir yang sebelumnya dimenangkan oleh grup suling tambur dari Distrik Batanta Selatan. Tak hanya itu, juara satu akan mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp. 100.000.000, juara II Rp.70.000.000, dan juara III sebesar Rp.50.000.000. (*)

___

Komentar