Berikut 3 Daerah yang Mendapatkan Tanggapan Masyarakat Terkait Daftar Caleg Sementara

SORONG, PBD – KPU Provinsi Papua Barat Daya dan KPU Kabupaten/Kota se Papua Barat Daya telah mengumukan sejumlah nama calon legislatif DPRD belum lama ini. Terkait Daftar Calon Sementara (DCS), KPU Provinsi Papua Barat Daya menyampaikan kalau dari 6 daerah di Provinsi Papua Barat Daya ada 3 daerah yang mendapat tanggapan masyarakat.

Hal tersebut diungkap, Kordinator Divisi Teknis Penyelenggara pemilu KPU Provinsi Papua Barat Daya M.Gandhi Sirajudin, saat ditemui sorongnews com, dalam ruang kerjanya, di Kantor KPU Provinsi Papua Barat Daya, Rabu (30/8/23).

“Hasil tanggapan masyarakat telah kami rekap 29 Agustus 2023, ada 3 daerah yang mendapat tanggapan yakni Kabupaten Sorong Selatan, Kabupaten Maybrat dan Provinsi Papua Barat Daya sendiri,” ungkap Gandi.

Jelasnya, selain dari ketiga daerah-daerah yang disebutkan nama-namanya dinyatakan bebas dari tanggapan atau bisa dikatakan tidak memiliki tanggapan masyarakat.

“Kami masih menunggu klarifikasi dikirim KPU Provinsi ke partai politik yang bersangkutan lalu diberikan mereka waktu kurang lebih 1 minggu terhitung sejak 1-7 September 2023,” bebernya.

Katanya, salah satu surat klarifikasi disampaikan ke PDIP untuk KPU Provinsi, kalau Sorong Selatan dan Maybrat disampaikan kepada partai-partai bersangkutan dan akan diberikan klarifikasi langsung di KPU setempat.

“Menyangkut dengan siapa yang mengirimkan tanggapan atau laporan, tidak bisa di expos identitas mereka sebab dilindungi oleh undang-undang,” tegasnya.

Gandi bilang, untuk Papua Barat Daya ada 1 tanggapan masyarakat, Sorong Selatan masing-masing dapil baik 1,2, 3 mendapat 1 tanggapan, Maybrat dapil 4 mendapat 1 tanggapan masyarakat.

“Tanggapan masyarakat lebih ke DCS yang mengundurkan diri dari Caleg, terus ada yang masih berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), P3K, dan bendahara kampung atau menjabat sebagai aparat kampung,” terangnya.

Gandi menambahkan, proses klarifikasi masih terus berjalan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan jadi tinggal menunggu balasan surat dari partai politik yang bersangkutan. (Mewa)

___

Komentar