oleh

Beredar Pesan Berantai Sebut KKB Berada di Manokwari, Kapolres Manokwari Sebut Hoax!!

MANOKWARI,- Belum lama ini, Senin malam (3/10/22), masyarakat dihebohkan dengan informasi berantai dan tersebar dimedia sosial hingga WhatsApp Grub yang menyebutkan bahwa para terduga anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) telah berada dan memasuki wilayah Kabupaten Manokwari itu tidak benar alias Hoax.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Manokwari, AKBP Parasian Herman Gultom saat ditemui Sorongnews.com di Mapolres Manokwari, Manokwari, Papua Barat, Selasa (4/10/22).

Dikatakannya bahwa terkait dengan informasi berantai yang diterima oleh masyarakat melalui aplikasi WhatsApp, tepatnya pada Senin malam (3/10/22), yang berisi pelaku pembunuhan secara sadisme dan kekejian yang menewaskan empat korban yang dilakukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat – Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) tepatnya di kampung Majnik, Distrik Moskona Utara, Kabupaten Teluk Bintuni, Papua Barat, Kamis (29/9) lalu, saat ini berada di Manokwari tidaklah benar informasinya alis berita hoax.

“Setelah mendapat informasi yang beredar itu, anggota kami, Polres Manokwari langsung melakukan pengecekan terkait informasi dan kami berkoordinasi dengan Polres Bentuni, kami menemukan bahwasanya informasi tersebut adalah hoax dan tidak dapat diketahui kebenaranya,” ungkap Kapolres Manokwari.

Disambungnya, dengan adanya informasi hoax yang beredar ditengah-tengah masyarakat, sebagai orang nomor satu dalam jajaran Polres Manokwari, pihaknya telah melakukan berbagai langkah pencegahan hal yang tak diinginkan dengan melaksanakan patroli di daerah-daerah dimana informasi tersebut beredar

“Kami telah berkordinasi dengan tokoh masyarakat, ketua RT, ketua RW, agar orang yang baru menetap didaerah masing-masing untuk segera melaporkan kepada pos polisi terdekat, demi menjaga wilayah hukum Polres Manokwari tetap aman,” jelasnya.

Tak lupa juga, sebagai Kapolres Manokwari, dirinya menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat yang memperoleh informasi apapun agar lebih bijak dalam menyaring informasi yang beredar, lebih waspada terhadap diri sendiri dan keluarga, serta selalu melakukan pemeriksaan secara teliti terhadap sumber informasi yang diterima.

“Masyarakat yang mendapat informasi agar lebih bijak, dan lebih waspada terhadap diri sendiri dan keluarga, selalu melakukan pemeriksaan terhadap sumber informasi yang diterima. Untuk saat ini wilayah hukum Polres Manokwari dalam keadaan aman terkendali,” tutupnya (Rolly/Jharu)

Komentar