Berbagi Berkat, Pj Gubernur Serahkan Kartu Jamsostek Bagi 50 Porter Bandara DEO Sorong

SORONG, PBD- Ada berbagai cara setiap orang mensyukuri berkat Tuhan, salah satu bentuk ungkapan syukur juga dirasakan oleh Provinsi Papua Barat Daya, dimana tepatnya 9 Desember genap berusia 1 tahun.

Pejabat Gubernur Provinsi Papua Barat Daya, Mohammad Musa’ad, usai memimpin jalanya Upacara HUT ke 1 Provinsi-PBD, langsung mendatangi para Porter di Bandara DEO Sorong, Sabtu (09/12/23).

___

“Melalui perayaan HUT ke 1 Provinsi Papua Barat Daya, saya Pj Gubernur bersama Forkopimda di Lingkup Pemerintah Provinsi, kami berkunjung ke Airport DEO Sorong untuk bertemu langsung dengan para Porter,” ujar Mohammad Musa’ad, saat ditemui media.

Jelasnya, selama ini Porter yang berkerja dilingkungan Air Port belum memiliki jaminan kerja maka saat ini kami akan memberikan kartu BPJS Tenaga Kerja sebagai bentuk kepedulian Pemerintah.

“Sesuai arahan Presiden RI bahwa Pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat, untuk itu kami datangi langsung memberikan kartu BPJS dan mereka semua telah didaftarkan lalu dibayarkan pula jaminan kesehatan tenaga kerjanya oleh pemerintah,” ungkap Pj Gubernur.

Ujarnya, keuntungan dari BPJS yaitu mereka akan mendapatkan manfaat melalui pengobatan misalnya terjadi kecelakaan saat bekerja, kemudian asuransi kematian kalau meninggal dunia otomatis pihak keluarga akan mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta.

“Tidak hanya itu kedua anak-anak mereka akan mendapatkan jaminan beasiswa yang dimulai dari tingkat SD sampai perguruan tinggi, saya kira ini komitmen perhatian pemerintah untuk teman-teman yang bekerja sebagai Porter di lingkungan Airport DEO,” bebernya.

Musa’ad berharap, mudah-mudahan semua dapat membantu para Porter sebab karena mereka telah membantu dalam melayani setiap penumpang bandara, sehingga layak untuk mendapatkan perhatian dari pemerintah.

“Selain Porter kami sudah mendata sekitar 50 ribuan lebih pekerja yang tidak menerima upah tetap seperti Nelayan, Ojek, Pedagang Keliling termaksud Guru Sekolah Minggu dan lain sebagainya untuk didistribusikan jaminan kesehatannya,” terangnya.

Lanjutnya, yang namanya musibah kan tidak ada yang tahu untuk itulah apabila terjadi maka sudah ada cara-cara guna meringankan beban dari saudara-saudara Polter ini.

Sementara, Ketua Porter Bandara DEO Sorong Agus Nuboba, mewakili rekan-rekan sangat berterima kasih kepada pihak pemerintah atas perhatian berupa BPJS Kesehatan.

“Kami rasa bersyukur dan berterima kasih karena hari ini kami bisa diberikan kartu BPJS Tenaga Kerja dari Pj Gubernur Papua Barat Daya,” tandas Agus Nuboba saat ditemui sorongnews.com.

Katanya, biarlah semua yang diberikan Pj Gubernur Papua Barat Daya dapat menjadi manfaat dan berkat bagi para Porter yang bekerja terlebih keluarga di rumah.

Diakuinya, selama ini belum ada perhatian dari Pemerintah bagi para Porter sampai dengan hadirnya Provinsi Papua Barat Daya barulah mereka diperhatikan oleh Pj Gubernur Mohamad Musa’ad.

Diakhir wawancara, Agus bercerita bahwa dirinya sudah bekerja selama 12 tahun dan memiliki dua orang anak yang masih dalam bangku pendidikan, dimana selama ini dibiayai melalui hasil keringatnya sebagai Porter di Bandara DEO Sorong.

“Terima kasih kepada Bapak Gubernur semoga selalu diberkati dan menjadi berkat bagi semua masyarakat di Papua Barat Daya,” ujar Agus.

Selain Agus, sejumlah porter yang telah bekerja puluhan tahun sejak dari Bandara Jefman pun merasa bersyukur dengan kehadiran provinsi di Sorong. Ia pun bisa merasakan BP Jamsostek buat dirinya. (Mewa)

___ ___

Komentar