Belasan Tim Yosim Pancar Gegerakan Kota Sorong Jelang HUT 72 Polairud

SORONG,- Sebanyak 12 Grup Tarian Yosim Pancar (Yospan) mengikuti Lomba Tarian Yospan yang diselenggarakan Pol Airud Polda Papua Barat jelang HUT yang ke 72 yang jatuh pada 6 Desember 2022 mendatang. Lomba Yosim Pancar sekaligus gerak jalan itu dimulai dari depan Sorong Mall menuju kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat, Senin (28/11/22).

Hadir Kapolda Papua Barat Irjen Pol. Daniel Silitonga, didampingi Kapolres Sorong Kota AKBP Johannes Kindangen dan Kapolres Sorong AKBP Iwan Manalu bersama beberapa perwakilan dari Forkompinda, serta ratusan masyarakat yang turut larut menyaksikan aksi lomba tak biasa itu.

___

Usai mengikuti jalannya lomba, Kapolda saat ditemui media, mengatakan bahwa selain jelang HUT Polair, kegiatan tersebut juga untuk mengembangkan potensi-potensi seni yang ada di daerah. Menurutnya, tidak perlu lagi impor-impor budaya lain sebab budaya Papua adalah budaya yang baik seperti siang ini adanya tari-tarian tradisional juga hiburan-hiburan bagi masyarakat dan dapat disaksikan langsung dengan baik.

“Ini sangat baik sehingga perlu kita gali bersama dan ditingkatkan budaya kita, untuk itu masyarakat tidak perlu minder dengan budaya sendiri tetapi sebaliknya justru harus bangga karena sangat banyak seni budayanya,” tuturnya.

Bebernya, mata lomba baru satu jenis yang diselenggarakan nanti masih ada jenis-jenis lomba lain lagi yang akan dilakukan untuk menghidupkan serta mengangkat kembali budaya-budaya lokal. Sehingga Ia berharap, seni budaya daerah ini sangat perlu sekali tetap dilestarikan sebab menjadi salah satu corak atau warna kita di Papua.

Setiap tim Yospan menunjukan atraksi terbaiknya dengan atribut khas masing-masing, hal ini guna menarik perhatian juri agar mereka dapat menjadi yang terbaik.

Perlu diketahui juga bahwa pada Selasa (29/11/22) akan dilanjutkan lomba Yospan antar pelajar, dimulai star dari depan Asrama Polisi Remu sampai finis dihalaman Kantor Wali Kota Sorong. (Mewa)

___ __ ___ ___

Komentar