Banjir Hadiah! Gebrakan Pertama IMI Papua Selatan Gelar Kejuaraan Gubernur Cup Championship 2023

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Ikatan Motor Indonesia (IMI) Provinsi Papua Selatan membuat gebrakan pertama dikepengurusannya yang telah mendapatkan SK dari Pengurus IMI Pusat sejak Agustus 2023 lalu.

Kegiatan perdananya yaitu menggelar iven kejuaraan Gubernur Cup Papua Selatan Championship yang mulai bergulir 2-3 Desember 2023 di Sirkuit Freegeb Waninggap Sai Gautak, Kebun Coklat (Keco), Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

___ __

Ketua IMI Provinsi Papua Selatan, Risson Ronald Sialla menuturkan, kejuaraan bergengsi tersebut dalam rangka memeriahkan HUT ke-1 Provinsi Papua Selatan.

“Kami harapkan, kegiatan ini bisa berjalan baik. Iven pertama yang dilaksanakan IMI Provinsi Papua Selatan ini sekaligus untuk mencari bibit atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XXII 2028,” ungkapnya kepada wartawan di Sekretariat IMI Provinsi Papua Selatan Jalan Transito Merauke, Kamis (30/11/23).

Risson Ronald mengakui, animo peserta cukup tinggi yang mendaftar untuk bertanding dalam kejuaraan gubernur cup championship 2023 baik pembalap lokal maupun dari luar daerah.

Sejak pendaftaran 27-30 November 2023, sudah tercatat pembalap dari luar daerah yang mendaftar dan sudah berada di Merauke sebanyak 7 peserta. Diantaranya, berasal dari Jayapura (Papua), Papua Barat, Makassar (Sulawesi Selatan), Jawa Tengah, dan DKI Jakarta.

“Kejuaraan gubernur cup Papua Selatan championship 2023 ini paling banyak peserta yang mendaftar. Dari segi hadiah kita kasih agak lebih supaya bisa memeriahkan iven HUT pertama Provinsi Papua Selatan,” lugas Ketua IMI Papua Selatan.

Risson membeberkan, panitia telah menyiapkan hadiah utama untuk juara umum masing-masing 4 kelas yang diperlombakan yaitu 3 unit motor untuk kelas open, kelas se-tanah Papua dan kelas lokal Papua Selatan serta uang tunai Rp 10 juta untuk kelas U20 Papua Selatan.

Selain itu, panitia menyiapkan hadiah bagi juara disetiap kelasnya antara lain kelas open meliputi bebek 4 tak 150 cc TU Mix (MP1), bebek A Tak 130 cc TU (EX MP2), bebek 2 tak 125 cc STD. Kelas se-Tanah Papua meliputi matic 130 cc TU, bebek 4 tak 130 cc TU (EX MP2), bebek 2 tak 125 cc STD, bebek 2 tak 116 cc STD, sport 2 tak 135 cc STD campuran, sport 2 tak 150 cc STD, sport 2 tak 135 cc (OMR King).

Kelas lokal Papua Selatan meliputi bebek 4 tak 150 cc motor ex PON (20 tahun) non prestasi, bebek 2 tak 116 cc STD (20 Th) non prestasi, ex rider sport 2 tak 150 cc (UP-35), dan komunitas moge 150-250 cc full fairing.

“Ketentuan juara umum yaitu jika dalam kategori juara umum terdapat point yang sama maka akan ditentukan dari MP2 atau cc terkecil dari 4 tak,” tegasnya.

“Penjabat Gubernur Papua Selatan menyampaikan kepada semua cabor agar tidak meyewa atlet dari luar untuk mengikuti PON sehingga kami harus kembangkan bibit pembalap dari Papua Selatan menuju PON 2028,” tandas Risson Ronald.

Dikesempatan yang sama, Ketua Panitia pelaksana kejuaraan gubernur cup Papua Selatan championship 2023, Gerson A.F Silubun Ketua kepada Sorongnews.com mengatakan, panitia mendapat kucuran dana senilai kurang lebih Rp 300 juta total dari bantuan Pemerintah Provinsi Papua Selatan melalui KONI dan sponsorship serta dukungan para pengurus IMI Papua Selatan untuk menyukseskan seluruh pertandingan.

“Luarbiasa semangat pengurus IMI Provinsi Ppaua Selatan yang baru dilantik. Puji Tuhan, ada support dari daerah, KONI dan sponsor yang lainnya,” ucap Ketua Harian IMI Papua Selatan.

“Kami juga akan memberikan hadiah kepada penonton terunik. Hadiahnya masih dirahasikan,” imbuh Gerson Silubun. (Hidayatillah)

___ __ ___

Komentar