Gagalkan Pengibaran BK, Satgas Yonif 133/YS Kontak Tembak Dengan Kelompok TPNPB

MAYBRAT,PBD – Tim mobile sakti 1 Satgas Yonif 133/YS, menggagalkan aksi pengibaran bendera Bintang Kejora (BK) di wilayah Aifat Timur. Akibat penggagalan ini sempat terjadi kontak tembak antara Satgas Yonif 133/YS dengan kelompok TPNPB Kodap IV Sorong Raya pimpinan Manfred Fatem, Kamis (30/11/23) sekitar pukul 16.30 WIT.

Sesuai informasi yang diterima Sorongnews.com pada tanggal 29 November 2023 sekitar pukul 15.16 WIT, tim mobile sakti 1 Satgas Yonif 133/YS melaksanakan patroli di sekitar Dusun Aimasa Kampung Ayata Aifat Timur Tengah. Patroli ini guna mengantisipasi hari Manifesto Politik Papua Barat pada tanggal 1 Desember.

Keesokan harinya, 30 November sekitar pukul 16.30 WIT, tim mobile sakti 1 Satgas Yonif 133/YS dari jarak berkisar 400 meter melihat kelompok masyarakat yang berjumlah 8 orang dengan 3 pucuk senapan berjalan mengarah ke SMP Negeri 1 Aifat dan mencurigakan disekitaran Dusun Aimasa lama. Maka anggota yang ada diperintah mengamati pergerakan masyarakat tersebut termasuk lewat drone.

Sekitar pukul 16.35 WIT dari jarak 350 meter, tim mobile Sakti 1 Satgas Yonif 133/YS melihat kelompok tersebut hendak mengibarkan BK diikat menggunakan ranting pohon dan tidak lama kemudian kelompok tersebut keluarkan senjata dan menembakkan sebanyak dua kali.

Mendengar tembakan itu, tim mobile Sakti 1 Satgas Yonif 133/YS terus mengamati dan membalas tembakan kelompok tersebut. Hal ini membuat warga yang berada di kampung itu keluar rumah sehingga menyulitkan tim mobile untuk membalas tembakan ke arah kelompok bersenjata tersebut.

Sekitar pukul 16.45 WIT, tim mobile Sakti 1 Satgas Yonif 133/YS kembali menerbangkan drone guna memastikan kelompok tersebut. Dari hasil pengamatan menggunakan drone bahwa kelompok itu adalah TPNPB. Akhirnya tim mobile Sakti 1 Satgas Yonif 133/YS lakukan pengejaran dan kelompok bersenjata tersebut melarikan diri ke arah hutan di Kampung Aisa Distrik Aifat Timur Jauh.

Sekitar pukul 17.15 WIT, tim mobile dibantu anggota lainnya mengungsikan sementara masyarakat Kampung Aimasa berkisar 34 KK, atau 149 jiwa. Dansatgas Yonif 133/YS langsung memerintahkan personel Pos Ayata dan Dokter Satgas Yonif 133/YS memberikan makanan dan pengecekan kesehatan bagi masyarakat yang mengungsi tersebut.

Dengan kejadian tersebut, Satgas Yonif 133/YS masih siaga guna mengantisipasi adanya terjadi serangan balasan. Kemudian Satgas Yonif 133/YS juga masih terus melaksanakan pendalaman terkait adanya kejadian tersebut. (Valdo)

___ __ ___

Komentar