108 Warga Kabupaten Sorong Terlibat Pelipatan dan Penyortiran 2 Jenis Surat Suara

KABUPATEN SORONG, PBD – Sebanyak 108 warga Kabupaten Sorong terlibat dalam proses pelipatan dan penyortiran 2 jenis surat suara jelang pemilu 2024. 2 jenis surat suara itu yakni surat suara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden serta surat suara pemilihan DPD RI.

Ketua KPU Kabupaten Sorong, Frengki Duwith kepada Sorongnews.com mengatakan bahwa, dalam proses pelipatan dan penyortiran 2 surat suara itu, pihaknya melibatkan sebanyak 108 warga Kabupaten Sorong.

___

“Jumlah masyarakat yang kami libatkan ada 108 orang, kita sortir sekaligus lipat selama dua hari, Kamis-Jumat (11-12/1/24) lalu, dan diawasi langsung oleh Bawaslu dan pihak kepolisian. Sebelum itu, kami KPU telah memberikan arahan terkait surat suara yang dikatagorikan baik dan rusak, hal ini sesuai dengan PKPU yang ada,” kata Ketua KPU Kabupaten┬áSorong, Frengki Duwith, kepada Sorongnews.com, Selasa (16/1/24).

Lebih lanjut, disebutkannya bahwa, untuk 3 jenis surat suara lainnya yakni surat suara pemilihan DPR RI, DPR Provinsi, dan DPR Kabupaten/Kota pihaknya masih menunggu pendistribusian.

“Sementara jenis surat suara pemilihan DPR RI, DPR Provinsi dan DPR Kabupaten/Kota itu kami masih menunggu. Kami harap 3 jenis surat suara ini segera datang dan selanjutnya kami lakukan pelipatan sekaligus penyortiran, sehingga dapat dilakukan pendistribusian pada masing-masing Distrik berdasarkan jumlah kebutuhannya,” terangnya.

Kemudian, dibeberkannya bahwa, jumlah surat suara yang telah dilakukan pelipatan dan penyortiran sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditambah dengan 2 persen.

“Jumlah surat suara yang dilipat dan disortir sesuai dengan DPT yang ada di Kabupaten Sorong, yakni 92.307 DPT ditambah dengan 2 persen atau sekitar 2 ribu lebih, jadi total pelipatan dan penyortiran 2 jenis surat suara ada 94 ribu lebih surat suara. Ini sudah termasuk 2 persen tambahan,” bebernya.

Ditambahkannya bahwa, pihaknya berencana akan mendistribusikan seluruh logistik pemilu H-7 sebelum tanggal 14 Februari 2024 dimasing-masing Distrik.

“Kami KPU Kabupaten Sorong berencana H-7 logistik semuanya sudah didistribusikan di masing-masing Distrik, di 30 Distrik yang ada di Kabupaten Sorong,” tambahnya. (Jharu)

___ ___

Komentar