Wapres Dorong Papua Selatan Jadi Destinasi Wisata Kelas Dunia, Seperti Boven dan Asmat

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Wakil Presiden (Wapres) RI, Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin mendorong Provinsi Papua Selatan sebagai Daerah Otonomi Baru (DOB) di Papua membuat gebrakan peningkatan ekonomi masyarakat dengan menggali keunggulan wisata daerah menjadi destinasi wisata kelas dunia.

“Pemerintah harus terus meningkatkan sektor ekonomi dengan menggali potensi wisata daerah seperti wisata sejarah di Boven Digoel dan Festival Asmat agar menjadi destinasi wisata berkelas dunia,” tegas Wapres RI dalam sambutannya pada acara pencanangan pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintahan Provinsi Papua Selatan di Swiss-bel Hotel Merauke, Selasa (4/6/24).

__ ___

Sebagai provinsi baru, tegas KH Ma’ruf Amin, tentu banyak hal yang harus segera dilakukan di Papua Selatan.

Untuk itu, Pemerintah akan terus mengawal langkah-langkah konsolidasi pembangunan untuk Provinsi Papua Selatan kedepannya.

“Pemerintah saat ini sudah meluncurkan Rencana Induk Percepatan Pembangunan Papua (RIPPP) Tahun 2022–2041 dengan tiga misi utama, yaitu Papua Sehat, Papua Cerdas, dan Papua Produktif,” jelasnya.

Dia menuturkan, RIPPP ini akan menjadi pedoman bagi seluruh pemangku kepentingan dalam mendesain program prioritas pembangunan Papua.

“Dalam kerangka RIPPP, kita akan terus mendorong Provinsi Papua Selatan sebagai sentra pangan nasional di timur Indonesia,” tandas RI 2.

Wapres menitipkan harapan agar pembangunan sentra sarana dan prasarana pemerintahan ini kelak berperan sebagai ‘sebuah kota baru’ di Provinsi Papua Selatan, sekaligus menampilkan wajah kawasan pemerintahan yang tetap menghargai simbol kearifan lokal diwilayah ini.

“Marilah kita semua bersama-sama mewujudkan ‘Papua bangkit, mandiri, dan sejahtera yang berkeadilan’ di tanah Papua Selatan,” tandas KH Ma’ruf Amin. (Hidayatillah)

___ __ ___ ___

Komentar