oleh

Upacara Hari Pahlawan Terapkan Protokol Kesehatan

SORONG, – Pemerintah Kota Sorong bersama unsur TNI, Polri dan perwakilan mahasiswa mengikuti upacara peringatan Hari Pahlawan ke 75 di lapangan upacara kantor Wali Kota Sorong, Papua Barat, Selasa (10/11). Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu menggunakan masker jaga jarak.

Komandan upacara, Kapten Inf Nimrod Duwith, yang kesehariannya menjabat sebagai Danramil 1802 / 04 Seget memimpin pasukan upacara.

Sementara itu, Wakil Ketua 2 DPRD Kota Sorong, Elisabeth Nauw membacakan pesan-pesan Pahlawan bangsa. Salah satunya adalah pesan Bung Karno, Presiden RI pertama yang berbunyi “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan ku cabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia. Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.”

Inspektur Upacara, Wali Kota Sorong, Lambert Jitmau membacakan amanah Menteri Sosial, mangatakan bahwa tema hari pahlawan tahun ini adalah pahlawanku sepanjang masa. Dimana ditengah pandemi covid 19, generasi saat ini dapat meneruskan perjuangan para pahlawan.

“Dulu bangsa ini berjuang dengan mengangkat senjata melawan penjajah. Tapi saat ini melawan permasalahan bangsa seperti kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal, serta berjuang melawan pandemi covid 19. Meski masa pandemi, diharapkan pelaksanaan hari Pahlawan dapat dilaksanakan secara khidmat, tidak kehilangan makna sebagai bangsa yang mengutamakan kesatuan dan persatuan bangsa. Jangan sia-siakan perjuangan pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa ini. Kita buktikan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang tangguh, berdaya saing, penuh dengan kreasi yang tidak kalah dengan bangsa lainnya,” sebut Wali Kota.

Selanjutnya, peringatan hari pahlawan dilanjutkan dengan ziarah kubur di Taman Makam Pahlawan Tri Jaya Sakti. (Oke)

Komentar