Titik Terang Pengeboran Sumur Markisa 001 Kabupaten Sorong

SORONG, – Pandemi Covid-19 sudah melanda Indonesia sejak Maret 2020 silam. Di tengah pandemi COVID-19, kegiatan industri hulu migas harus terus berjalan. Baik pencarian cadangan baru (eksplorasi) ataupun produksi (eksploitasi).

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Perwakilan Papua Maluku (SKK Migas Pamalu) terus memfasilitasi pengadaan tanah yang akan digunakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), yang digunakan untuk pengeboran eksplorasi.

___ __ ___ ___

Bertempat di ruang rapat Kantor Distrik Mariat, Kabupaten Sorong, SKK Migas bersama Pertamina EP wilayah Sorong melaksanakan kegiatan sosialisasi dan survei pengadaan tanah dalam rangka eksplorasi pengeboran sumur markisa (MKS) 001 Pertamina EP Zona 14 (17/11/21).

Kepala Humas SKK Migas wilayah Pamalu, Galih W. Agusetiawan mengungkapkan pemilik hak atas tanah sangat antusias dan sangat mendukung kegiatan hulu migas untuk beroperasi.

“Saya apresiasi bapak keluarga Malagam yang memiliki 2 bidang tanah rencana pengeboran sumur ini, Ia sangat mendukung. Jika ada permasalahan apapun nantinya, keluarga Malagam siap mendukung, ini positif sekali, itu artinya masyarakat mendukung kegiatan hulu migas sudah mulai terjadi,” terang Galih.

Menurut Galih, luas tanah yang diperlukan untuk pengeboran sumur markisa 001 berkisar 30.404.489 m2 atau sekitar 3,5 ha. Tanah seluas 3,5 ha tersebut terdiri dari 2 sertifikat kepemilikan pribadi marga Malagam.

Pemilik hak atas tanah yang rencananya akan dilakukan pengeboran sumur markisa (MKS) 001 adalah marga Malagam.

“Sumurnya ada di lahan kami, dan kami menyambut baik kegiatan pemerintah lewat SKK Migas dan Pertamina. Ini sangat positif sekali bagi masyarakat juga pemerintah Kabupaten Sorong. Saya Marga Malagam menyambut baik, dan mendukung 100% kegiatan berjalan, kalau boleh jangan lama-lama, harus cepat, kalau bisa desember,” terang Lazarus Malagam atau pria yang akrab dipanggil Malagam ini.

Sedangkan Kepala Distrik Mariat, Amat Daroji yang juga hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, bahwa sosialisasi itu penting untuk mendukung kelancaran kegiatan selanjutnya, Ia berharap semua pihak dapat mendukung penuh kegiatan ini, karna ini semua untuk kepentingan masyarakat umum.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri langsung oleh Kepala Humas SKK Migas, Galih W. Agusetiawan, Haryanto Perwakilan Pertamina EP Sorong, Kepala Distrik Mariat, Amat Daroji, pemilik hak atas tanah, Lazarus Malagam, perwakilan BPN Kabupaten Sorong, Lurah Klamasen serta pihak Kontraktor Kontrak Kerjasama (KKKS)

Setelah melaksanakan kegiatan sosialisasi, pihak Pertamina EP wilayah Sorong, KKKS, Perwakilan SKK Migas, beserta pemilik hak atas tanah melaksanakan survei lokasi rencana pengeboran sumur Markisa 001 yang terletak di kelurahan Klamasen, distrik Mariat Kabupaten Sorong. (Sya)

___ __ ___

Komentar