Thomas Aitrem Ganti Ferdinando Solossa Jabat Ketua DPRD Maybrat Antar Waktu

MAYBRAT, PBD – Thomas Aitrem disahkan menjadi pimpinan DPRD Kabupaten Maybrat menggantikan Ferdinando Solossa dari fraksi Partai Golkar sisa masa jabatan periode 2019-2024. Penetapan Thomas Aitrem ini dibaca dalam rapat paripurna agenda pemberhentian dan pengusulan Penggantian Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD Kabupaten Maybrat sisa masa jabatan periode 2019-2024, di kantor DPRD Maybrat, Papua Barat Daya, Senin (17/7/23).

Selaku Pimpinan Rapat, Wakil Ketua I DPRD Maybrat, Habel Howay, S. Sos menjelaskan bahwa, rapat paripurna pemberhentian dan pengusulan PAW pimpinan DPRD Maybrat dari fraksi Golkar dilakukan bukan kehendak anggota DPRD tapi aturan Undang-Undang. DPRD melaksanakan surat masuk dari pada Partai Golkar secara berjenjang baik dari DPP, DPD I Papua Barat Daya maupun DPD II Kabupaten Maybrat. Isi surat masuk itu, secara mutlak Partai Golkar melakukan rolling di posisi jabatan pimpinan alias ketua DPRD Kabupaten Maybrat.

“Di dalam rapat istimewa ini diparipurnakan bahwa, Thomas Aitrem diusulkan jadi ketua atau pimpinan DPRD Maybrat menggantikan saudara Ferdinando Solossa dari fraksi Partai Golkar. Setelah rapat paripurna istimewa pemberhentian dan pengusulan ini. Sesuai aturan Undang-Undang selama 14 hari akan dilakukan proses untuk mendapatkan Surat Keputusan (SK) terhadap Thomas Aitrem,” jelas Habel Howay kepada awak media di Gedung DPRD Maybrat.

Imbaunya, pergantian ini amanat Undang-Undang dan kembali kepada Partai Golkar yang memiliki kewenangan untuk merolling para pimpinannya. Tidak hanya di Partai Golkar, tetapi anggota DPRD Maybrat dari partai lain sewaktu-waktu juga bisa mendapat tugas dari partai masing-masing terkait rolling atau lainnya.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada perkataan yang tidak berkenan selama proses rapat paripurna tersebut. Ia juga mengajak semuanya untuk saling mendukung sebab beberapa hari kedepan, DPRD akan melakukan sejumlah agenda yakni, pembahasan LKPJ, LHP, pengusulan perpanjangan Pj. Bupati dan APBD Perubahan.

Wakil Ketua DPD I Partai Golkar Papua Barat Daya, Marthen Kambuaya menambahkan bahwa, rolling jabatan pimpinan DPRD ini telah sesuai prosedur. Dimana, rolling ini hal biasa di dalam partai politik, baik di Golkar maupun di partai-partai lain.

“Kami DPD I Partai Golkar Papua Barat Daya menyampiakan terimakasih pada pimpinan (wakil ketua I dan wakil ketua II) DPRD serta anggota. Dimana sudah meneruskan surat usulan dari DPP melalui DPD I, DPD II serta melakukan rapat paripurna PAW antara Ferdinando Solossa dengan Thomas Aitrem,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten II Setda Maybrat, Engelbertus Turot mengatakan, penggantian pimpinan DPRD di wilayah Kabupaten Maybrat baru pernah terjadi dan pergantian ini merupakan dinamika di dalam politik partai. Olehnya, sebagai pihak eksekutif menyesuaikan saja.

“Selaku pemerintah daerah, kita mengikuti proses yang ada dan pada prinsipnya kita mendukung apa yang menjadi dinamika di partai politik. Kita harap proses ini berjalan lancar, dan menghasilkan pemimpin yang kredibel,” ujarnya.

Sebelumnya, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maybrat, Papua Barat Daya, melaksanakan rapat paripurna istimewa dengan agenda pemberhentian dan pengusulan Pengganti Antar Waktu (PAW) Ketua DPRD Maybrat sisa masa jabatan periode 2019-2024.

Rapat paripurna ini diawali pembacaan daftar hadir anggota DPRD, pembacaan surat masuk dari partai politik, pembacaan surat keputusan tentang pemberhentian jabatan pimpinan DPRD dan pengusulan serta pengangkatan pengganti Ketua DPRD Maybrat sisa masa jabatan 2019-2024.

Turut menghadiri rapat paripurna ini, unsur pimpinan TNI-Polri, pimpinan OPD dan para pimpinan Partai Politik (Parpol). Nampak juga para warga mendatangi gedung kantor DPRD menyaksikan akan berlangsungnya rapat paripurna istimewa pemberhentian dan penggantian ketua DPRD tersebut. (Valdo)

___

Komentar