oleh

Sulaeman L Hamzah dan Kementan Gelar Bimtek Optimalisasi Alsintan di Papua Selatan

MERAUKE – Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem Dapil Papua, H Sulaeman L Hamzah bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian Kementrian Pertanian (Kementan) RI menggelar bimbingan teknis (bimtek) optimalisasi alat mesin pertanian (alsintan) dalam mendukung pertanian modern dan berkelanjutan bagi petani di Kabupaten Merauke, Papua Selatan.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem, H Sulaeman L Hamzah di Hotel Halogen Merauke, Papua Selatan, Senin (5/12/2022).

Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi NasDem, H Sulaeman L Hamzah menuturkan, bimtek bagi petani di Papua hari ini merupakan kegiatan ke-84 yang digelar bersama Kementan RI.

“Tujuannya, kita mau supaya semua bantuan yang diberikan kepada petani harus benar-benar digunakan secara kelompok dan semua anggota kelompok ikut bertanggungjawab,” jelas H Sulaeman L Hamzah.

Selain itu, sambung Ketua Flobamora Provinsi Papua mengatakan, petani dilatih cara merawat alat mesin pertanian secara berkesinambungan dan operasionalnya harus dimanfaatkan bersama.

“Ketua bersama anggota kelompok tani harus bisa memanaj kegiatan penggunaan alsintan karena semakin dipakai terus semakin beresiko jika tidak dirawat,” ujar legislator di senayan.

Kelompok tani harus bertanggungjawab melalui kas iurannya membeli kelengkapan alsintan.

Pria berdarah NTT ini menjelaskan, selama ini diduga banyak petani penerima bantuan alsintan yang belum paham sehingga tidak melakukan perawatan dengan baik.

Bahkan, 3-4 tahun lalu ada oknum petani yang salah menggunakan alsintan yakni tidak menggunakan traktor roda empat untuk pertanian justru untuk menarik kayu.

Selain itu, digunakan untuk pribadi bukan secara kelompok. Akibat menyimpang aturan maka alsintan tersebut ditarik.

“Kami tarik kembali traktor roda empat yang digunakan untuk menarik kayu bukan untuk kerjasama kelompok dan pertanian,” lugasnya.

“Kita tidak main-main karena alat ini bersumber dari APBN diberikan melalui anggota DPR RI. Saya yang bertanggungjawab untuk kepentingan petani maka saya harus tegas mrngingatkan mereka,” tegas Sulaeman Hamzah.

Dia menambahkan, tahun ini ada kuranglebih 100 unit alsintan yang akan dibagikan kembali kepada petani di Papua.

Dari waktu ke waktu, pihaknya terus berupaya membangun sinergi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Merauke agar tujuan utama membangun daerah bisa simultan.

“Alsintannya dalam perjalanan, kita akan bagikan bersama-sama dengan pemerintah daerah akhir tahun sebelum natal kepada semua petani. Diantaranya, traktor roda 4, traktor roda 2, combaign dan lain-lain,” tandas H Sulaeman L Hamzah.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Merauke, Yosefa Rumaseuw mengapresiasi perhatian H Sulaeman L Hamzah bersama Kementan yang menggembleng petani Merauke.

“Harapannya, bimtek ini menjadi penyemangat terus menerus dalam rangka meningkatkan taraf hidup keluarga dahulu. Barulah keatasnya ke masyarakat kampung, distrik, kabupaten, provinsi dan Indonesia,” ucap Yosefa Rumaseuw. (Hidayatillah)

Komentar