Masyarakat Domande Merauke Syukuran Adat, Terima Bantuan Alsintan Aspirasi Sulaeman Hamzah

MERAUKE – Masyarakat Kampung Domande, Distrik Malind, Kabupaten Merauke, Papua menghelat acara syukuran karena menerima bantuan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat (jonder)dari aspirasi anggota Komisi IV DPR RI Dapil Papua Fraksi NasDem, H. Sulaeman L. Hamzah.

Masyarakat setempat menyambut alsintan dan rombongan anggota dewan Fraksi NasDem secara adat Malind (Merauke), Papua, Kamis (30/12/21). Ditandai dengan penyerahan alat tradisional skop oleh ketua adat marind asli Papua Kampung Domande, Daniel Gebze kepada H. Sulaeman L. Hamzah dan sebaliknya H. Sulaeman Hamzah menyerahkan alsintan berupa jonder.

Daniel Gebze menyampaikan terima kasih kepada H. Sulaeman Hamzah yang sudah menyuarakan ke Kementrian Pertanian RI dan menjawab kebutuhan alsintan bagi masyarakatnya.

“Skop yang sejak dahulu menjadi alat tradisional membuat bedeng sagu kami serahkan ke bapak. Atas bantuan traktor roda empat ini, kita tinggalkan tradisi lama menuju tanam padi tapi bukan berarti melupakan sagu,” ujarnya.

Dikatakan, masyarakat Domande siap mengolah tanah Malind menjadi kawasan pertanian.

Jika sebelumnya masyarakat hanya terpaku dengan tanam sagu dan umbi-umbian dibedeng yang kecil, kemudian mencari udang dan ikan dilaut. Kini adanya alsintan siap membuka lahan yang tidur.

“Terima kasih atas bantuan bapak. Kita orang marind siap bekerja tanam padi,” lugas ketua Adat Kampung Domande.

Daniel Gebze mengajak masyarakat Domande untuk bekerjasama mewujudkan lumbung pangan padi, tanpa saling sikut satu sama lain.

Dikesempatan yang sama, Kepala Seksi Pemerintahan Kampung Domande, Hubertus Kaize mengungkapkan rasa syukurnya karena masyarakat suku Marind Kampung Domande menerima bantuan 1 unit alsintan yang diimpikan selama ini.

“Bantuan alat mesin traktor roda empat dari rumah aspirasi H. Sulaeman Hamzah ini mendorong kita bisa mulai bekerja tanam padi. Kami sangat terbantu,” katanya.

Sementara itu, Anggota Komisi IV DPR RI Dapil Papua, H. Sulaeman L. Hamzah turut menyampaikan terima kasih kepada masyarakat Domande hingga menggelar syukuran atas bantuan alsintan dari Kementan RI yang disuarakannya.

“Terima kasih kepada warga Domande. Ini kedua kalinya saya hadir disini, reses. Alsintan ini bagian dari aspirasi yang kami serap tahun sebelumnya. Aspirasi sekarang akan diproses dan berlanjut tahun depan. Mudah-mudahan semua tidak ada halangan,” ujarnya.

Sulaeman Hamzah berharap eksekutif, legislatif dan pihak terkait berjalan seiring untuk membangun Merauke sebagai lumbung pangan nasional.

“Tujuan kita sama-sam menyejahterakan masyarakat. Saya tidak pernah berhenti ke lapangan menjaring aspirasi masyarakat dan kami dirikan rumah aspirasi di Jalan Polder depan pasar Wamanggu,” ungkapnya.

Direktur Eksekutif Rumah Aspirasi H. Sulaeman Hamzah, Fauzun Nihayah mengatakan, sejak 2015-2021 sudah 1.000 lebih alsiten yang diserahkan oleh rumah aspirasi H. Sulaeman Hamzah di Merauke.

“Semua kelompok tani yang menerima alsintan sesuai juknis, sudah terdaftar resmi di Dinas Pertanian dan yang melakukan verifikasi adalah dinas pertanian,” bebernya.

Anggota DPR Papua Fraksi Nasdem ini berpesan kepada masyarakat Domande untuk menggunakan alsintan secara bersamaan atau kelompok, bukan digunakan pribadi.

“Alat ini tidak boleh dijual. Gunakan secara kelompok,” tandas Fauzun.

Pantauan media ini, hadir tokoh adat Malind, Isayas Ndiken, tokoh pemuda marind, Fransiskus Ciwe, anggota DPR Papua, tokoh agama, dan masyarakat Domande.(Hida)

____

Komentar