Siapkan Amunisi dalam Pertarungan Berat Pilkada Bupati Sorong, Suprapto Dipinang Lazarus Malagam

KABUPATEN SORONG, PBD – Dalam rangka menyiapkan amunisi dalam pertarungan berat Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Bupati-Wakil Bupati 2024. Mantan Asisten III Kabupaten Sorong, Musa Lazarus Malagam resmi meminang dan melamar Ketua KUD Tani Makmur Kabupaten Sorong, Suprapto, Sabtu (2/3/24) untuk bersama-sama maju dalam pertarungan sengit Pilkada Bupati Sorong periode 2024-2029 pada November 2024, mendatang.

Pantauan wartawan Sorongnews.com, acara peminangan Lazarus Malagam terhadap Suprapto berlangsung meriah dan ramai, ditambah lagi dengan dilaksanakannya prosesi adat suku Moi.

__ ___

Prosesi peminangan itu diiringi sulit tambur. Tak hanya itu, Lazarus Malagam terlihat dengan begitu gagahnya datang meminta dan berdiri tepat didepan pintu pagar kediaman Suprapto, dan selanjutnya dipersilahkan masuk oleh perwakilan keluarga besar Suprapto.

Dalam peminangan terhadap Suprapto, ditandai dengan penyerahan kain adat Malamoi kepada Suprapto serta pemasangan gelang tangan dari istri Lazarus Malagam terhadap istri Suprapto sebagai simbol bahwa kedua istri siap menerima dan mendukung penuh kedua suaminya (Malagam-Suprapto) untuk satu tekat bulat dalam memenangkan pertempuran kontestasi Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong periode 2024-2029.

Sebelumnya, istri Malagam terlihat mengetuk pintu kediaman Suprapto. Usai diketuk, Suprapto didampingi istrinya keluar kediaman beserta keluarga besarnya dan meyampa dengan penuh kehangatan atas kehadiran Lazarus Malagam dan isti serta seluruh rombongan masyarakat adat suku Moi.

Lazarus Malagam mengatakan bahwa, dalam perbuatan kursi 01-02 Pemerintah Kabupaten Sorong, dirinya tidak mencuri start, namun ini dinilainya sebagai peminangan adat.

“Ini bukan curi start, ini peminangan adat. Peminangan adat suku Moi dengan suku Jawa, terkait tahapan-tahapan yang lainnya nanti dilihat, pasti kami akan menuju kesana,” ucap Lazarus Malagam usai melamar Suprapto untuk bertarung dalam Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong periode 2024-2029.

Diakuinya, dalan memutuskan Suprapto untuk menjadi pasangannya dalam pertarungan Pilkada itu, dinilainya merupakan pasangan yang cocok, pasangan Moi dan Jawa.

“Pertimbangannya bahwa, kami ini suku Moi dan kami ini Jawa, jadi Moi Jawa (Moja), serta pak Suprapto pantas jadi calon wakil bupati yang mendampingi untuk lima tahun mendatang,” ujarnya.

Terkait partai pengusung dirinya bersama Suprapto, Malagam menyebut kedepannya akan terlihat.

“Nanti dilihat, pasti yang lain juga akan merapat,” sebutnya.

Ditambahkannya, dirinya bersama Suprapto selain memprioritaskan masyarakat adat Moi dan suku Jawa, bahkan dirinya berkomitmen akan memperhatikan seluruh elemen suku lainnya.

Sementara itu, Suprapto menyampaikan bahwa, dirinya mengakui telah dilamar Lazarus Malagam untuk bergandeng tangan guna bersama-sama memenangkan pertarungan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong periode 2024-2029.

“Saya ini dilamar, kebetulan pak Malagam paling cepat untuk mencari saya dan meminang saya, dan beliau ini sudah berkoordinasi dengan PDI Perjuangan Pusat,” terang Suprapto usai dilamar Lazarus Malagam.

Diakuinya, dirinya menerima peminangan Lazarus Malagam untuk memenangkan Pilkada Bupati-Wakil Bupati Sorong periode 2024-2029.

“Saya tentunya menerima pinangan pak Malagam, itu atas banyak masukan dari masyarakat bukan saya. Saya punya telinga banyak sampai di pesisir sana, punya telinga dimanapun, dan beliau (Malagam) ini sangat dibutuhkan masyarakat, sehingga saya juga dibutuhkan oleh seluruh masyarakat Nusantara, bukan hanya Jawa saja,” bebernya.

Ditanyakan wartawan soal partai koalisi yang akan mengusung dirinya bersama Lazarus Malagam, dirinya blak-blakan kepada wartawan agar dapat merabanya sendiri.

“Dan saya sudah tau, partai-partai mana yang akan bergabung, gambaran sudah tau. Mbak dan masnya pura-pura tanya ini, mas dan mbaknya raba-raba sendiri,” jawabnya disambut tawa wartawan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, Lazarus Malagam memiliki pengalaman luar biasa dalam dunia pemerintahan, diantaranya pernah menjabat sebagai Kepala Distrik Aimas Kabupaten Sorong 2005-2012, Sekretaris Distrik Segun Kabupaten Sorong 2015, Kabag Perlengkapan Kabupaten Sorong tahun 2012-2015, Asisten III Kabupaten Sorong, Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan olahraga Kabupaten Sorong 2017-2021, serta saat inimasih aktif sebagai PNS di Kabupaten Sorong.

Sementara itu, Suprapto diketahui merupakan Ketua KUD Tani Makmur Kabupaten Sorong serta menjabat sebagai Anggota DPRD Kabupaten Sorong. Diketahui pula, Suprapto merupakan seorang politisi senior dan handal partai berlambang banteng PDI Perjuangan.

Diketahui, dalam peminangan Lazarus Malagam terhadap Suprapto, terjadi penandatanganan kesepakatan bersama. Berikut ini Sorongnews.com merangkum kesepakatan bersama kedua apabila terpilih menjadi Bupati-Wakil Bupati Sorong periode 2024-2029, sebagai berikut :

1. Bupati dan Wakil Bupati Sorong akan bekerjasama dalam memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorong secara luas.

2. Bupati akan memberikan dukungan penuh program yang dimiliki oleh Wakil Bupati Sorong, selama program tersebut memiliki tujuan untuk memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sorong.

3. Bupati akan selalu mengajak diskusi bersama Wakil Bupati dalam menentukan program kebijakan, sebagai bentuk kolaborasi dan sinergi dalam memajukan Kabupaten Sorong.

Pantauan wartawan Sorongnews.com, paslon Lazarus Malagam dan Suprapto digadang-gadang menjadi lawan berat dan kuat bagi Mantan Bupati Sorong, Jhony Kamuru yang direncanakan akan maju dalam pertarungan sengit guna merebut kursi 01-02 Kabupaten Sorong. Namun hingga saat ini belum diketahui siapa sosok yang akan dipinang Jhony Kamuru dalam pertarungan hebat perebutan kursi 01-02 Kabupaten Sorong. (Jharu)

___ __ ___ ___

Komentar