oleh

Siapa Bilang Menulis itu Susah ?

 “Tidak ada prinsip dalam menulis, yang penting tulis saja!” demikian yang dinyatakan oleh Nina Firstavina selaku narasumber pada kegiatan Webinar Pembuatan Media Sosialisasi yang diselenggarakan oleh Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Provinsi Maluku, Papua dan Papua Barat, pada Selasa (28/7) melalui aplikasi video conference zoom serta live streaming di Youtube Kotaku Maluku Channel.

Penyampaian materi webinar/doc.Efa

Kegiatan webinar yang diikuti oleh para pelaku program, mulai dari tingkat Konsultan Management Wilayah (KMW) di 3 Provinsi, Tim Kordinator Kota hingga Tim Fasilitator sangat antusias dalam mengikuti kegiatan, terlihat dari banyaknya pertanyaan dari para peserta kegiatan.  Dengan adanya kegiatan webinar ini, diharapkan semakin menambah skill atau kemampuan dalam menulis yang membuat semakin banyak tulisan dari pelaku program mengenai berita atau informasi tentang Kotaku diberbagai media, harap Iik Tohara selaku Team Leader Koordinator. Selain itu, dijelaskan pula Iroh Rohayati Fatah selaku Tenaga Ahli Sosialisasi Konsultan Management Pusat bahwa bagi pelaku program, tulisan merupakan salah satu bentuk tugas dan tanggung jawab serta kewajiban dalam menyampaikan informasi kepada public.

Kegiatan Webinar/Doc.Efa

Meskipun menulis merupakan tugas dan tanggung jawab yang melekat pada pelaku program Kotaku, namun menurut Nina jadikan itu sebagai kesenangan, tidak memberatkan apalagi dianggap sulit. Ketika senang dalam menulis, maka akan semakin banyak tulisan yang bisa dipublish. Walaupun demikian, dalam menulis tentu ada kendala yang dihadapi diantaranya tidak percaya diri terhadap tulisan yang telah dibuat, diksi dan perbendaharaan kata yang kurang, hingga turun naiknya mood juga ikut mempengaruhi. Oleh karenanya tips dari Nina, segeralah menulis, jangan menunda, banyak membaca serta berdiskusi dengan orang yang juga suka menulis. Jika ini dilakukan, dijamin, menulis itu mudah dan menyenangkan. (Efa)

Komentar