Serahkan 97 Satwa Dilindungi, BKSDA Provinsi PBD Apresiasi Kinerja Pol Airud Polda PB

SORONG, – Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Papua Barat Daya, Johny Santoso Silaban, mengapresiasi penuh kinerja dari Pol Airud Polda Papua Barat yang telah berhasil menekan kepunahan dari satwa liar yang dilindungi akibat diperdagangkan

“Selama 5 bulan saya bertugas disini, kali ini merupakan kesempatan kedua kami mendapat dukungan dari Pak Budi dan jajarannya untuk pengawasan pengendalian dan penyelundupan,” ungkap Johny saat ditemui media, Selasa (17/01/23).

___ __

Johny menjelaskan, dari 98 satwa liar yang diberikan, 97 merupakan satwa dilindungi. Karena keberadaannya sudah langka serta populasi sudah sedikit.

“Ada salah satu yang memang tidak dilindungi yaitu biawak ekor biru, namun peredarannya juga dibutuhkan bukti surat angkutan satwa, jadi mereka semua dipayungi oleh ketentuan yang berlaku,” tegasnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa setelah prosesi serah terima dari Pol Airud Polda Papua Barat kepada pihak BKSDA, maka pihaknya akan melakukan proses habituasi oleh dokter hewan yang telah ditunjuk.

“Dikhawatirkan kondisi kesehatan dari satwa yang ada. Setelah itu barulah secara bertahap akan mengembalikan jiwa liar dari satwa itu sendiri, takutnya nanti pada saat dilepas mereka tidak dapat bertahan hidup,” sambungnya.

Usai dilakukannya serah terima satwa liar, dilanjutkan dengan pemberian cendramata dari BKSDA kepada Pol Airud Polda Papua Barat sebagai bentuk penghargaan atas kerjasama yang telah terjalin. (Mewa)

___ __ ___

Komentar