Semarakkan HUT Bhayangkara, Polres Sorong Resmikan Program Bedah Rumah Penyandang Disabilitas

KABUPATEN SORONG, PBD – Dalam rangkaian menyemarakkan HUT Bhayangkara ke-77 tahun, Polres Sorong menggelar peresmian program bedah rumah salah satu warga penyandang disabilitas di Kampung Wamenagu, Distrik Seget, Kabupaten Sorong, Senin (3/7/23).

Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru dalam keterangannya mengatakan bahwa, peresmian program bedah rumah ini, pihaknya mengharapkan agar kedepannya dapat bermanfaat bagi penerima program, sehingga dapat menjadi tempat yang layak dan nyaman untuk dihuni.

___

“Kali ini kita bersama-sama meresmikan program bedah rumah milik bapak Samja Aresi. Semoga kedepannya dapat bermanfaat bagi bapak Samja Aresi dan menjadi tempat yang layak untuk tinggal,” ucap Kapolres Sorong, AKBP Yohanes Agustiandaru dalam keterangannya yang dihimpun Sorongnews.com, Selasa (4/7/23).

Lebih lanjut, disambungnya bahwa, program ini bertujuan membantu meringankan kehidupan yang dijalani penerima program bedah rumah, yang diketahui merupakan penyandang disabilitas.

“Ini bertujuan untuk meringankan beban yang dialami Bapak Samja Aresi, dimana bapak tersebut mengalami cacat pada kakinya dan hidup seorang diri. Dalam kehidupan sehari-hari, bapak Samja Aresi memenuhi kebutuhan hidupnya dengan mancing ikan dan mencari batu dipinggir laut,” jelasnya.

Selanjutnya, dibeberkannya bahwa, penerima program bedah rumah itu diketahui sebelumnya belum pernah tersentuh program bantuan yang disalurkan oleh pemerintah.

“Bapak ini sebelumnya belum pernah menerima bantuan pemerintah karena tidak memiliki Kartu Keluarga (KK). Di rumah yang ditinggali sebelumnya itu belum memiliki saluran listrik dan tidak memiliki MCK yang baik,” bebernya.

Tak hanya itu, disebutkannya bahwa, selain diselenggarakan peresmian program bedah rumah, pihaknya merangkaikan kegiatan ini dengan pembagian sembako.

“Terima kasih karena ditengah kesibukan, kita sekalian masih dapat berkesempatan hadir untuk bersama-sama menyaksikan pemberian bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu, ini nilainya tidak besar, namun pastinya kami harapkan dapat bermanfaat,” terangnya.

Kemudian, disampaikannya bahwa, pihaknya menghaturkan terima kasih kepada semua pihak atas kehadirannya, sehingga peresmian program bedah rumah ini dapat terselenggaranya.

Sebagai Kapolres Sorong, dirinya memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran kepolisian khususnya pihak kepolisian Polsek Seget dan pihak terkait lainnya yang turun ambil bagian guna berpartisipasi dalam mendukung program bakti sosial.

Sementara itu, penerima program bedah rumah, Samja Aresi mengungkapkan bahwa, dirinya sangat bersyukur dan merasa terharu atas dilaksanakan program ini. Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah terjun langsung dalam pelaksanaan program bedah rumah ini.

“Terima kasih kepada bapak Kapolres Sorong, Kapolsek Seget, anggota kepolisian lainya serta semua pihak yang telah turut serta dalam program ini, semoga ini menjadi semangat kebersamaan yang dapat terus terjaga dan menjadi contoh teladan ditengah-tengah masyarakat,” tandasnya.

Peresmian program bedah rumah itu ditandai secara simbolis dengan dilakukannya pemotongan pita oleh Kapolres Sorong, sekaligus penyerahan kunci rumah.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, dalam proses bedah rumah itu, anggota kepolisian dibantu relawan diterjunkan guna memperbaiki kondisi rumah ukuran 6X6 M², dengan memperbaiki bagian atap, seng, plafon, dinding rumah, lantai, kamar tidur, dapur hingga teras.

Diketahui, program bakti sosial yang dilaksanakan ini merupakan upaya implementasi Polres Sorong dalam rangka memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dan memperkuat hubungan antara pihak kepolisian bersama lapisan masyarakat. (Jharu)

___ ___

Komentar