oleh

Satrad 244 Merauke dan Lanud DMA Wujudkan Serbuan Vaksinasi COVID 19 Serentak TNI AU

MERAUKE, – Satuan Radar (Satrad) 244 Merauke bersama Lanud Johanes Abraham Dimara (DMA) melaksanakan serbuan vaksinasi COVID 19 secara serentak diseluruh jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara (AU) selama dua hari, 17-18 Juli 2021 di klinik Aried Riyadi Sie Kes Lanud DMA.

Kakes Satrad 244 Merauke, Letda Kes Aminoto Sahono, S.Kep, Ns kepada Sorongnews.com menuturkan, mendukung penuh dengan segala kekuatan personil kesehatan Klinik Satrad 244 Merauke dalam serbuan vaksinasi.

“Diharapkan herd immunity segera terwujud dinegara kita. Kami dapat dukungan dari Dinkes berupa vaksin dan tenaga. Ada saatnya kita kaborasi jadi satu TNI AU dengan Dinkes,” ujarnya.

Letda Kes Aminoto melihat antusias masyarakat Merauke untuk vaksin cukup banyak. Meskipun ada sedikit masyarakat yang mendaftar vaksin namun terkendala persoalan riwayat kesehatan maupun tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Kalau butuh rekomendasi dokter spesialis ya direkomendasikan karena kita perhatikan mudhorotnya juga. Peserta vaksin paling banyak dari kalangan dewasa. 75 persen usia menengah, 15 persen usia manula, dan 10 persen usia anak-anak,” ungkapnya.

Sementara itu, Komandan Lanud J.A Dimara Kolonel Pnb Herdy Arief Budiyanto, S.E. melalui Kaurpusrah pentak Lanud DMA, Letda Sus Vivid Sumarwan mengatakan, vaksin gratis jenis sinovac yang disediakan telah digunakan oleh 190 orang tanggal 17 Juli 2021 dari target 200 orang, sedangkan tanggal 18 Juli 2021 berhasil tervaksin sebanyak 160 orang dari jumlah teregistrasi 169 orang.

“Kita targetkan 200 vaksin setiap harinya, namun kemarin baru 190 orang yang bisa divaksin. 10 orang gagal vaksin karena riwayat kesehatan. Sedangkan hari ini, 9 orang tidak vaksin karena hipertensi, demam, ibu hamil dan tidak punya NIK,” terangnya disela-sela kegiatan, Minggu (18/7/21).

Sambung Vivid, tiga orang vaksinator dikerahkan antara lain, Letda Kes dr. Ahmad Rizal Junianto dari Lanud DMA, Siekes Lanud DMA, Letda Kes Teuku, S.Kep dan Kakes Satrad 244 Merauke. Adapun sasarannya warga Kota Merauke, ada pula yang datang jauh-jauh dari Jagebob untuk disuntik vaksin.

“Harapannya, masyarakat ikut berpartisipasi untuk vaksin supaya menambah imun. Minimal mengurangi resiko COVID 19,” pungkasnya. (Hida)

Komentar