Polri Jelaskan Kesiapan Terkini Pembangunan Polda 3 DOB di Papua

MERAUKE, – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua , Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol) Mathius D Fakhiri menjelaskan kesiapan terkini pembangunan Polda 3 Daerah Otonomi Baru (DOB) di Tanah Papua oleh Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

“(Pembangunan 3 Polda DOB, red) Masih sedang berproses. Mabes Polri telah mengirimkan beberapa kali tim ke Polda Papua untuk melihat kesiapannya bagaimana,” ungkap Irjen Pol Mathius D Fakhiri saat dikonfirmasi Sorongnews.com setibanya di Bandar Udara Mopah Merauke, Papua Selatan, Jum’at (12/5/23).

Kapolda mengatakan, tim Mabes Polri yang dikirim ke Papua melihat langsung kesiapan pembentukan Polda Papua Tengah, Polda Papua Pegunungan dan Polda Papua Selatan.

“Ini masih dalam kajian. Tentunya saya (Kapolda) hanya memberikan data, nanti yang mengkaji lengkap, Mabes Polri,” bebernya.

Menurut orang nomor satu dijajaran Polda Papua, hingga kini pihaknya masih menunggu proses pembentukan Polda di 3 DOB Papua.

“Kalau nanti sudah ok, tentunya akan berdiri Polda-polda di DOB,” lugas Irjen Pol Mathius D Fakhiri.

Ditanya kesiapan personel, Kapolda Papua menegaskan, personel polisi yang akan mengisi Polda di 3 DOB Papua sudah disiapkan. Terlebih Polda Papua sudah pernah melahirkan Polda Papua Barat.

Tak hanya memperkuat jumlah dan Sumber Daya Manusia (SDM) personel Kepolisian Resort (Polres) 3 DOB, Polda Papua juga sudah menyiapkan lahan untuk Polri melaksanakan pelayanan prima diwilayah masing-masing.

“Adanya DOB, Kami menyiapkan personel, menyiapkan perkuatan dengan SDM yang ada. Termasuk Polres-Polres di DOB. Kita sudah menyiapkan lahan untuk bagaimana melaksanakan pelayanan prima dimasing-masing wilayah,” tandasnya. (Hidayatillah)

____

Komentar