oleh

Sambut Hari Kemerdekaan, Kilang Kasim Tanam 10.000 Bibit Mangrove dan Tanaman Buah

KABUPATEN SORONG, – Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang Ke-77 serta mengadaptasi Tujuan SDGs (Sustainable Development Goals) 13 & 14, PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim bersama PT Hutama Karya dan Masyarakat Kampung Klayas, Lakukan penanaman Mangrove dan Hutan Darat sebanyak 10.000 bibit. Kegiatan ini merupakan agenda berkelanjutan, dimana setelah ini, bibit-bibit yang lain akan ditanam sekitar area program dan Kampung lainnya.

Basyar, yang merupakan perwakilan dari PT HK, mengatakan bahwa pihaknya melakukan kerjasmaa dengan Kilang Kasim, dimana menyumbang 3.000 Bibit Hutan Darat dan Buah (Jati Papua, Pinang, Langsat, dan Rambutan) untuk ditanam pada penanaman kali ini. Sedangkan jumlah bibit mangrove lainnya, masih akan ditanam dalam bulan ini di berbagai lokasi. Pihaknya mengatakan, amat sangat senang, bisa berbagi kebahagian dengan masyarakat Ring 1, untuk memperbaiki kondisi hidrologis atau lingkungan di area tersebut.

“Kegiatan yang bagus dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan dan juga langkah strategis dalam memperbaiki lingkungan. Kami sangat terbantu, dengan adanya Kilang Kasim, yang membantu kami dalam menyalurkan serta mengakomodir kegiatan dengan masyarakat. Harapannya kegiatan ini dapat terus kita lakukan dengan intensitas yang tinggi, sehingga masyarakat dapat menikmati hasil penanamannya” Ungkap Basyar.

Nahum Katumlas, yang merupakan Masyarakat Kampung Klayas, mengucapkan banyak terimakasih ke Kilang Kasim dan PT HK atas kegiatan yang sudah dilakukan pagi ini.

Kegiatan yang dimulai sejak Pukul 08.00-12.00 WIT di Sepanjang Kampung Klayas ini, diikuti oleh perwakilan Kilang Kasim, PT HK serta masyarakat lainnya.

“Banyak sekali pohon-pohon yang kita tanam di area jalan dan lahan kosong di Kampung Kami. Semoga beberapa tahun lagi, kami dapat menikmati buahnya. Terimakasih untuk pertamina atas bantuan serta kontribusinya dalam menghijaukan kampung kami” ujar Nahum Katumlas.

Sementara itu, Area Manager Comm, Rel, CSR & Compliance PT Kilang Pertamina Internasional Unit Kasim, Dodi Yapsenang mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dalam memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 serta mengimplementasi Tujuan SDGs di Kampung Klayas.

“Menyambut hari kemerdekaan beserta impelementasi SDGs ke 13&14 tentang Climate Action and Life On Land tentunya sangat pas apabila kita rayakan dengan penanaman seperti ini. Dari PT HK sudah membantu 3.000 Pohon Darat dan Buah, dan kita sudah menyiapkan 7.000 bibit mangrove, yang setelah ini akan kami tanam secara bertahap. Harapannya, dalam hari kemerdekaan ini, lingkungan di area kampung Klayas dan sekitarnya juga merasakan merdeka dengan arti sebenarnya” Jelas Dodi.

Lebih lanjut, Dodi menegaskan bahwa, penanaman ini dilakukan dalam mendukung implementasi Kampung Iklim di Kampung Klayas. Hal ini dikarenakan bahwa Kampung Klayas menjadi satu-satunya Kampung Pertama yang ikut dari Kecamatan Seget dalam penilaian Kampung Iklim se Indonesia yang diadakan oleh Kementerian KLHK.

“Urgensi serta peruntukan penanaman ini sangat sesuai dengan apa yang kita rencanakan dan dibutuhkan oleh lingkungan di sekitar area Operasi perusahaan. Hal ini sebenarnya sudah kami lakukan sejak tahun 2017, dimana kita sudah menanam pohon mangrove di sepanjang pesisir Seget sebanyak lebih dari 50.000 bibit mangrove. Dan tahun ini, akan kami tambah, begitupun tahun-tahun berikutnya tentunya,” imbuh Dodi.

Ia berharap agar semua para pekerja, masyarakat yang berada di sekitar area operasi perusahaan dapat memaknai hari kemerdekaan dengan rasa syukur serta dapat melakukan hal-hal positif untuk lingkungan sekitar.

“Kami dari Kilang Kasim dan Perusahaan sekitar, akan membantu sesuai dengan tupoksi kami, sebagai pelayan negara dan masyarakat tentunya,” tegas Dodi. (**/Oke)

Komentar