Sabonama Serahkan Surat Tugas ke Petronela Kambuaya, Sebut Perempuan Petarung

SORONG, PBD – Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Amanat Nasional (DPW PAN) Provinsi Papua Barat Daya Syafruddin Sabonama menyerahkan surat tugas rekomendasi bakal calon Wali Kota Sorong kepada Petronela Kambuaya di sekretariat DPW PAN PBD, Sabtu (1/5/24).

Dalam sambutannya, Sabonama mengatakan bahwa Petronela layak mendapatkan surat tugas Partai karena menjadi satu-satunya Perempuan petarung ditengah kandidat Bacalon lainnya.

___

“Kenapa saya mengatakan bahwa beliau layak, karena kami telah ada dalam sebuah sistem pemerintahan sebagai penyelenggara pemerintahan di daerah selama 10 tahun dan dalam rentang waktu itu, beliau mempunyai posisi sebagai Ketua DPRD Kota Sorong. Tentu ada record yang kami sudah lihat, sehingga kami menganggap bahwa ketika beliau datang dan mendaftarkan diri lewat PAN, maka beliau layak untuk diperjuangkan,” ungkap Sabonama.

Selain itu, kata Sabonama, Petronela Kambuaya juga merupakan representasi perempuan Papua yang maju sebagai bakal calon Walikota Sorong periode 2024-2029.

“Beliau (Petronela Kambuaya) satu-satunya representasi perempuan Papua, sehingga ada banyak prasyarat-prasyarat yang bisa dipenuhi,” ujarnya.

Menurut Sabonama, Partai Amanat Nasional memastikan semua bakal calon Walikota Sorong yang sudah mendaftar di PAN akan diberikan surat tugas. Selanjutnya hasil mereka melaksanakan surat tugas itulah yang kemudian akan diperjuangkan ke DPP.

“Sampai di DPP, dengan segala pertanggungjawaban kami di DPW dan DPD tentang penilaian-penilaian kinerja, kemudian kapabilitas, integritas dan komitmen mereka sebagai calon kepala daerah itu akan menjadi sebuah acuan buat kami untuk memberi arahan kepada DPP agar menjatuhkan keputusan memberikan SK sebagai calon tetap kepada salah satu dari calon-calon yang telah mendapatkan surat tugas,” beber Sabonama.

Diakui Sabonama, bakal calon Walikota Sorong Petronela Kambuaya memang berbeda dengan bakal calon Walikota Sorong lainnya yang mendaftar di PAN.

Hal ini dibuktikan dengan saat menerima rekomendasi surat tugas, Petronela Kambuaya juga menyerahkan hasil survey para bakal calon Walikota Sorong yang dilakukan salah satu lembaga survey. Dimana berdasarkan hasil survey tersebut, popularitas dan elektabilitas Petronela Kambuaya menempati peringkat paling atas.

“Dengan diserahkannya hasil survey tersebut, artinya beliau sudah datang dan menunjukkan sudah siap tempur dan sudah menyiapkan semua infrastruktur yang dibutuhkan dalam pertempuran tersebut di pilkada. Sehingga ini akan menjadi salah satu poin yang akan kami sampaikan dalam rapat pleno DPP, untuk penetapan calon tetap,” imbuhnya.

Ketua DPW PAN PBD juga berharap kepada bakal calon Walikota Sorong yang saat ini sudah mendapatkan surat tugas dari Tim Pilkada DPP PAN, bisa segera mengerahkan segala daya dan upaya untuk menaikkan elektabilitas dan popularitas yang diuji melalui survei-survei.

Sementara Petronela Kambuaya mengatakan bahwa hasil survei sebagai bahan pertimbangan Partai Politik untuk memberikan rekomendasi kepada dirinya.

“Bagi Saya ini sebuah upaya, bahwa elektabilitas Saya cukup tinggi dibandingkan yang lain. Hal ini sebagai bahan pertimbangan partai politik untuk memberikan rekomendasi. Mau diberikan kepada Saya, Saya bersyukur, tidak juga tidak apa-apa, Saya legowo,” ujar Petronela.

Ia pun optimis, dari 10 Partai yang didaftarkan olehnya, Ia akan meraih minimal 5 rekomendasi Partai Politik.

Terlihat kedatangan Petronela di PAN didampingi tim pemenangan dan sejumlah anggota DPRD terpilih Kota Sorong dari Partai Golkar. (Oke)

___ ___

Komentar