Pj Bupati Sorong Tak Kunjung Dilantik, Pj Gubernur Sebut Tunggu Pemilu 2024

KABUPATEN SORONG, PBD – Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad mengatakan bahwa penunjukan Pj Bupati Sorong akan dilakukan setelah pesta demokrasi Pemilu 2024.

“Pj Bupati Sorong kan kita sudah usulkan. Kemudian kemarin saya sudah konsultasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), janjinya sesudah Pemilu ini akan segera diputuskan, siapa yang akan ditunjuk, karena itu adalah domainnya pemerintah pusat,” kata Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad, di Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya, Senin (12/2/24).

Lebih lanjut, disampaikannya bahwa, penunjukan Pj Bupati Sorong merupakan penentuan pemerintah pusat dan dirinya hanya dapat mengusulkan, sehingga sebagai Pj Gubernur PBD dirinya meminta kepada semua pihak agar bersabar hingga pelaksanaan pemilu usai.

“Kita sudah mengusulkan, selanjutnya pemerintah pusat yang menentukan. Jadi saya sampaikan sabar, tunggu beberapa saat lagi, nanti sesudah pemilu ini segera akan ada Pj definitif untuk memimpin Kabupaten Sorong,” paparnya.

Disinggung soal belum dilaksanakannya pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), pihaknya meminta kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sorong agar dapat memposisikan Plh Bupati Sorong guna melakukan pembahasan APBD, hal tersebut diperkuat dan ditunjang dengan surat izin yang telah dikeluarkan.

“APBD sudah saya berikan izin pembahasan APBDnya, Plh itu sepanjang belum ada Pj, maka Plh dapat melaksanakan tugas itu dan saya juga sudah meminta kepada DPR untuk bisa memposisikan pak Plh Bupati untuk pembahasan-pembahasan APBD,” terangnya.

“Sudah ada surat dari saya, sebagai pejabat Gubernur sekaligus sebagai wakil pemerintah pusat yang ada disini, kita harapkan mudah-mudahan sebelum tutup sudah ada, yang penting pembahasan sudah bisa dilakukan,” sambungnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, sebelumnya, Pj Gubernur Papua Barat Daya menunjuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sorong, Clif Agus Yapsenang sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Sorong, dikarenakan Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso tersandung kasus korupsi.

Hal ini diperkuat dengan statment Mendagri Tito Karnavian yang melaksanakan rapat kerja Desember 2023 lalu di Kota Sorong yang mengatakan pihak Mendagri telah menunjuk Clif Yapsenang sebagai pengganti Yan Pies Mosso.

Yan Piet Mosso telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait pengondisian temuan laporan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk wilayah Provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2023. (Jharu)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar