Pesona Alam Air Terjun Mosmun, Pemkab Siapkan Rencana Pengembangan Wisata

MAYBRAT, PBD- Penjabat (Pj) Bupati Maybrat, Dr. Bernhard E. Rondonuwu kunjungi air terjun Mosmun, Distrik Aifat Selatan Kabupaten Maybrat, Senin (19/2/24).

Air terjun Mosmun ini sangat indah hingga dapat memikat hati karena sangat alami.

Rondonuwu mengungkapkan, pihaknya dalam waktu tidak lama lagi akan mengembangkan destinasi air terjun Mosmun tersebut menjadi salah satu pusat pariwisata di Kabupaten Maybrat Papua Barat Daya. Air terjun Mosmun sangat indah di pandang, bersih dan alamnya pun masih sangat alami.

Olehnya, Rondonuwu turun untuk mengecek dan meninjau langsung air terjun itu. Ini satu langkah awal pemerintah daerah dalam upaya mempromosikan dan meningkatkan potensi- potensi destinasi pariwisata yang ada di wilayah Maybrat tersebut. Yang mana potensi pariwisata Maybrat kebanyakan air tawar yang masih sangat mempesona.

“Saya sudah meninjau langsung keindahan alami dari air terjun Mosmun. Saya juga sudah berdiskusi dengan para stakeholder terkait termasuk masyarakat setempat soal rencana pengembangan spot wisata air terjun Mosmun tersebut”, kata Rondonuwu kepada Sorongnews di kantor bupati.

Dikatakannya, air terjun Mosmun adalah aset destinasi pariwisata yang bisa membawa dampak transformasi ekonomi dan sosial bagi Maybrat bila dikelola dengan baik. Untuk menjadikan air terjun Mosmun sebagai spot denasti pariwisata tentu mencakup berbagai aspek mulai dari peningkatan infrastruktur, promosi wisata hingga pelatihan masyarakat lokal mengelola pariwisata.

“Kita berharap, pengembangan ini akan menciptakan banyak lapangan kerja baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Tapi di luar itu, kita juga meminta sangat penting pelestarian lingkungan di dalam proses pengembangan ini”, ajaknya.

Direktur Pol-PP Kemendagri RI ini mengajak semua pihak untuk kerja sama dalam menjaga kelestarian alam sambil mengembangkan pariwisata tersebut. Sehingga air terjun Mosmun dapat dinikmati oleh generasi emas mendatang.

Pemerintah daerah akan kerja sama dengan para ahli pariwisata dan lingkungan untuk menyusun rencana pengembangan yang berkelanjutan. Pihaknya pula berencana untuk mengadakan kegiatan promosi dan festival air terjun Mosmun untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional.

Adanya kunjungan orang nomor satu Maybrat ini, warga banyak harapan agar air terjun Mosmun secepatnya dikembangkan sebagai dinasti pariwisata di Maybrat. Warga harap, inisiatif ini akan membuka bab baru dalam sejarah pariwisata Maybrat, dan membawa kemakmuran serta kebanggaan bagi wilayah setempat. (Valdo)

___

Komentar