Perkenalkan Si Timo, Maskot Kebanggaan Pilkada Papua Barat Daya

SORONG, PBD – Setelah membuka sayembara pembuatan maskot selama sepekan pada akhir April 2024 lalu, KPU Provinsi Papua Barat akhirnya memilih satu Maskot terbaik dan diperkenalkan ke publik pada Launching Tahapan Pilkada Papua Barat Daya di Hotel Aston Kota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (3/5/24).

Maskot tersebut diberi nama Si Timo merupakan singkatan dari si Tifa deMokrasi. Tifa sendiri merupakan alat musik kebanggan masyarakat asli Papua yang memiliki filosofi tinggi hingga menjadi alat yang selalu digunakan untuk mengawali sebuah kegiatan di Papua.

__ ___

Komisioner KPU Provinsi Papua Barat Daya, Fatmawati menjelaskan bahwa penetapan “Si Timo” menjadi maskot Pilkada 2024 telah melalui sebuah penilaian dengan menghadirkan sejumlah unsur, mulai dari budayawan, Lembaga Masyarakat Adat, seniman, akademikus, hingga teknikus IT.

“Jadi, sebenarnya ada delapan desain maskot yang masuk ke panitia. Namun, satunya berdomisili di Papua Barat, akhirnya hanya tujuh yang kami nilai. Dari ketujuh finalis kemudian kami pilih 3 besar dan mengundang desainer untuk presentasi karyanya dan didapatkan Si Timo menjadi maskot pilihan yang akan digunakan setiap tahapan Pilkada hingga 27 November mendatang,” urai Fatma.

Adapun desainer yang menggagas Si Timo bernama Dwi Wahyu Saputra, warga kilo meter 12 ini berhasil meraih hadiah utama sebesar Rp20.000.000 (dua puluh juta rupiah).

Adapun makna Si Timo selain alat musik Tifa yang mempersatukan semua elemen dengan pukulan Tifa, ada gambar wajah senyuman di kepala Tifa itu sendiri yang menggambarkan suka cita menyambut pesta demokrasi.

Sedangkan 6 gundukan di bagian kepala Si Timo menandakan ada 5 kabupaten dan 1 Kota di Papua Barat Daya. Di bagian bawah terdapat rumbai yang menjuntai sebanyak 27 benang menandakan Pemilu tanggal 27 dan strip pada bagian rok berjumlah 11 menandakan bulan November.

Pada bagian tangan kiri Si Timo memegang sebuah Paku menandakan siap mencoblos dan ikut serta dalam pemungutan suara Pilkada. Pada bagian tangan kanan Si Timo terlihat jari dipenuhi tinta sambil memegang kertas bertuliskan KPU memilih 27 November 2024. (Oke)

___ __ ___ ___

Komentar