Peringati Hari Pahlawan, Septinus Lobat Sebut Musuh Saat Ini Adalah Kebodohan dan Kemiskinan

SORONG, PBD- Peringati Hari Pahlawan Tahun 2023, pejabat dan pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Sorong dan perwakilan stekholder lainnya melaksanakan upacara, di lapangan Apel Kantor Walikota Sorong, Papua Barat Daya, Jumat (10/11/23).

Upacara dipimpin langsung Pj Wali Kota Sorong Septinus Lobat, dengan mengusung tema Hari Pahlawan ke-78 yaitu “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

___

Septinus saat membacakan sambutan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini menyampaikan bahwa, tema diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Indonesia memiliki begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah yang subur inilah tantangan sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan Bangsa dan Negara,” ucap Septinus Lobat.

Dikatakannya, sangatlah tidak mudah memenangkan perjuangan seperti dicontohkan para pejuang 10 November 1945, namun para pahlawan bangsa telah mengajarkan kita nilai-nilai perjuangan dan itulah yang harus kita ikuti.

“Pahlawan adalah orang yang menonjolkan keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok atau diri sendiri,” ujarnya.

Sambungnya, para pahlawan telah mengajarkan kepada kita untuk tidak menjadi pecundang dan tidak akan pernah rela untuk bersimpuh menyerah kalah pada apapun ancaman dan tantangan akan yang dihadapi.

“Hanya bermodalkan bambu runcing untuk hadapi musuh ditambah dengan semangat rakyat bergandeng tangan bersama para tokoh masyarakat dan pemuka agama semuanya melebur menjadi satu “Merdeka atau Mati,” ungkapnya.

Jelasnya, saat ini marilah kita semangat untuk memberantas kebodohan dan perangi kemiskinan sebab semangat pahlawan akan terus kita bawah guna menolak kalah dan menyerah pada keadaan.

“Kita harus tetap bersatu dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur, serta memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa di masa depan yang lebih baik,” tandasnya.

Ditambahkannya, bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara makin maju serta makin sejahtera. (Mewa)

___ __ ___ ___

Komentar