Pasca OTT Yan Piet Mosso, Kursi Hangat Pj Bupati Sorong Siap Diduduki Edison Siagian

KABUPATEN SORONG, PBD – Pejabat (Pj) Sekda Papua Barat Daya, Edison Siagian bakal dilantik menduduki jabatan baru sebagai Pj Bupati Sorong menggantikan Yan Piet Mosso yang sebelumnya diketahui telah terjerat kasus korupsi pada bulan November 2023.

Pelantikan terhadap Edison Siagian itu dijadwalkan akan dilaksanakan langsung oleh Pj Gubernur Papua Barat Daya, Muhammad Musa’ad bertempat di Malak Ballroom, Aimas Hotel and Convention Centre, Kamis (4/4/24) besok.

Dimana, jabatan Pj Sekda Papua Barat Daya yang akan ditinggalkan Edison Siagian kemudian diemban oleh Jhonny Way sebagai Pj Sekda Papua Barat Daya berikutnya yang sebelumnya menjabat Asisten II Pemprov PBD.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, terdapat isu yang beredar luas di muka publik bahwa kursi hangat Pj Bupati Sorong digadang-gadang bakal diisi oleh utusan Kementerian Dalam Negeri RI.

Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun Sorongnews.com, yang bakal dilantik sebagai Pj Bupati Sorong yakni Edison Siagian yang saat ini menjabat sebagai Pj Sekda Papua Barat Daya.

“Kami dari pihak hotel sudah menyediakan tempat untuk pelantikan Pj Bupati Sorong besok dan kami sementara cetak baliho/spanduk untuk ucapan selamat kepada pak Edison Siagian yang akan dilantik besok sebagai Pj Bupati Sorong di Aimas Hotel,” ujar General Manager Aimas Hotel and Covention Center, I Nyoman Bagiartha kepada Sorongnews.com, Rabu (3/4/24).

Lebih lanjut, dirinya mengakui, di Aimas Hotel and Convention Centre pada Kamis (4/4/24) besok terdapat sejumlah agenda pemerintahan, salah satunya agenda pelantikan Pj Bupati Sorong.

“Ada beberapa kegiatan besok, besok ada pelantikan Pj Bupati, ada pelantikan Tim Penggerak PKK sekaligus ada buka puasa bersama,” ucapnya

Dibeberkannya, sebelum dilaksanakan pelantikan Pj Bupati Sorong, akan dilakukan pula gladi resik.

“Sebelum dilakukan pelantikan, akan dilakukan gladi resik,” bebernya.

Sebelumnya, jabatan Pj Bupati Sorong yang ditinggalkan Yan Piet Mosso pasca OTT KPK dibebankan langsung terhadap Sekda Kabupaten Sorong, Cliff Agus Japsenang yang diberi mandat sebagai Plh Bupati Sorong, sementara posisi Sekda Kabupaten Sorong diisi Kepas Kalasuat sebagai Plh Sekda Kabupaten Sorong.

Diketahui pula, Cliff Agus Japsenang menjabat sebagai Plh Sekda Kabupaten Sorong sejak pasca OTT KPK terhadap Yan Piet Mosso pada bulan November 2023 hingga memasuki awal bulan April 2024, kurang lebih 5 bulan sebagai Plh Bupati Sorong.

Saat ini, Yan Piet Mosso telah ditetapkan sebagai tersangka suap terkait pengondisian temuan laporan pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk wilayah Provinsi Papua Barat Tahun Anggaran 2023 dengan dituntut 3 tahun penjara dan denda Rp 150 juta.

Pantauan Sorongnews.com, saat ini terdapat sejumlah kesiapan demi kesiapan yang dilakukan pihak hotel, diketahui pihak hotel menyiapkan 1000 kursi guna mendukung penuh agenda penting pemerintahan tersebut.

Kabag Protokol Pemprov Papua Barat Daya, Eda Doo yang dikonfirmasi membenarkan hal tersebut, namun menunggu statment resmi dari Pemprov PBD.

Kadis Kominfo PBD, Irma Riyani Soelaiman yang dikonfirmasi mengatakan masih menunggu kepastian. Meski diketahui sejumlah undangan pelantikan sudah tersebar.

Dimana dalam agenda protokol dijadwalkan pada pukul 10.00 WIT akan dilaksanakan pelantikan Sekda di ruang rapat Gubernur dan pelantikan Pj Bupati Sorong pukul 16.00 WIT di ACC Aimas.

Sebelumnya Mendagri Tito Karnavian dalam kunjungan kerjanya di Kota Sorong akhir tahun 2023 lalu telah menetapkan Cliff Japsenang sebagai Pj Bupati namun secara lisan, namun entah karena pertimbangan apa, hingga April 2024 jabatan Pj Bupati Sorong itu berubah haluan ke pundak Edison Siagiaan. (Jharu/oke)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar