OAP Buruan Daftar! BKPSDM Papua Selatan Buka Kesempatan Sekolah Kedinasan Jalur Otsus

MERAUKE, PAPUA SELATAN – Kabar gembira bagi putra – puteri Orang Asli Papua (OAP) yang ingin mengabdikan diri menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kini, Pemerintah Provinsi Papua Selatan melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Provinsi Papua Selatan (PPS) membuka kesempatan sekolah kedinasan yang bersumber dari dana Otonomi Khusus (Otsus) 2023.

BKPSDM PPS pun gencar menggelar sosialisasi dibukanya sekolah kedinasan tersebut.

Seperti yang dilakukan Kepala Bidang Pembinaan, Penilaian Kinerja dan Kesejahteraan ASN BKPSDM PPS, Sonny Edwin Rahailyaan bersama tim di gedung serba guna Wiyata Mandala Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, Kamis (13/4/23).

Sosialisasi itu dihadiri BKD Kabupaten Asmat, Dinas Pendidikan Kabupaten Asmat, perwakilan siswa dan guru pada 4 sekolah SMA/SMK dilingkungan Kota Agats, Kabupaten Asmat.

Kabid P2K2ASN BKPSDM PPS, Sonny Edwin Rahailyaan dalam sosialisasinya menuturkan, program kerja Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Apolo Safanpo melalui BKPSDM Provinsi Papua Selatan yang dipimpin Alberth A Rapami melaksanakan pembibitan, pendampingan dan pembukaan test sekolah ikatan dinas di wilayah Papua Selatan dari dana Otonomi Khusus (Otsus) 2023.

“BKPSDM PPS hadir memberikan kesempatan kepada anak-anak OAP diseluruh wilayah Papua Selatan untuk dapat memiliki informasi yang berimbang tentang penerimaan berbagai macam dan jenis sekolah kedinasan,” jelasnya.

Adapun sekolah kedinasan yang dibuka seperti Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN), PKN STAN, Poltek Penerbangan, Politeknik Statistika/Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS), STIP, Poltekim, Poltekip dan lain-lain.

Berasal dari instansi Kemenkeu, Kemendagri, BPS, BMKG, Kemenhub, Kementrian Hukum dan HAM.

Dikatakan, sekolah kedinasan tersebut mengutamakan kategori putra-putri OAP yang tidak mampu.

Adapun pembagian kuota masing-masing kabupaten yaitu Asmat 10 orang, mappi 10 orang, Boven Digoel 10 orang dan Merauke 20 orang.

Kabid P2K2ASN BKPSDM merincikan jadwal pendaftaran sekolah kedinasan 2023 yaitu:

1. Pengumuman pendaftaran sekolah kedinasan April 2023.
2. Pendaftaran sekolah kedinasan dilaksanakan April 2023.
3. Pelaksanaan ujian Seleksi kompetensi dasar) pada Mei – Juni 2023 (tentative).
4. Pelaksanaan seleksi lanjutan diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan.

“Waktu pendaftaran online mulai tanggal 3 sampai dengan 30 April 2023,” ungkap Sonny Edwin Rahailyaan kepada Sorongnews.com usai kegiatan.

Pendaftaran dipilih melalui link masing-masing sekolah kedinasan yang dapat dipelajari di web, selanjutnya melakukan pendaftaran online pada alamat https//sscasn.bkn.go.id lalu membuat akun dan mencetak kartu pendaftaran di alamat https//dikdin.bkn.go.id

“Diharapkan peran serta sekolah untuk dapat memfasilitasi pendaftaran awal calon hingga mendapatkan nomor/kartu test tersebut,” lugasnya.

Setelah mendapatkan kartu dan nomor pendaftaran maka calon siswa/praja/taruna/taruni akan mendaftar dan diseleksi pada masing-masing BKD kabupaten dengan menerbitkan rekomendasi bupati bagi kandidat yang memenuhi kategori OAP, memiliki badan sehat jasmani dan rohani serta beberapa persyaratan lain yang relevan.

Selanjutnya, sambung Kabid P2K2ASN BKPSDM, rekomendasi tersebut menjadi tanggung jawab BKPSDM Provinsi Papua Selatan yang akan memberikan pendampingan mulai dari pelatihan pra test, perlengkapan sebelum, selama dan sesudah test, akomodasi dan transportasi lengkap.

Termasuk juga simulasi test CAT yang akan dilepas langsung oleh Pj Gubernur Papua Selatan nantinya.

Kedepan, diharapkan BKD/ BKPSDM Kabupaten dapat turut mendukung kegiatan ini dengan dukungan dana Otsus masing-masing kabupaten.

Untuk info lebih lanjut pendaftar dapat menghubungi BKPSDM Provinsi papua selatan melalui Kabid SDM, Dominikus Anggawen pada jam dan hari kerja. (Hidayatillah)

___ __ ___ ___ ___ ___ ___ ___ __ ___ __ __ __ ___

Komentar