oleh

MUI Persilahkan Umat Islam Beribadah Dengan Tetap Menjalankan Protokol Kesehatan

 

SORONG,- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Sorong mengeluarkan surat edaran tentang penyelenggaraan ibadah di masjid dan musholla selama penerapan PPKM Mikro.

Ketua MUI Kota Sorong, Ustadz H. Abdul Manan Fakaubun kepada sorongnews.com Jumat (9/7/21) mengatakan bahwa pelaksanaan ibadah di masjid dan musholla tetap dijalankan dengan menaati protokol kesehatan sesuai Instruksi pemerintah.

Manan menjelaskan bahwa himbauan untuk menyerukan ibadah di masjid dan musholla telah diinstruksikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat dengan menaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Sesuai dengan rapat koordinasi antara MUI, Ketua-ketua ORMAS dan Tokoh Agama beserta pengurus BKM Masjid dan Musholla se-Kota Sorong yang bertempat di Masjid Agung Al-Akbar Kota Sorong beberapa hari yang lalu menyepakati beberapa perihal termasuk tetap pelaksanaan ibadah di Masjid dan Musholla.

Pengurus BKM Masjid dan Musholla se-Kota Sorong agar memakmurkan dan menghidupkan amalan-amalan masjid berupa sholat berjamaah, shalawat membaca qunut nazilah dan berdoa.

“Tempat ibadah harus tetap dibuka karena tempat ibadah merupakan tempat dimana seorang hamba mendekatkan dirinya kepada Allah SWT, serta memohon mudah-mudahan Allah SWT mengangkat pandemi COVID 19 ini,” tutur Ketua MUI.

Selain itu, Masjid dan Musholla harus menyiapkan kelengkapan alat protokol kesehatan dengan menyediakan hand sanitizer di pintu masuk masjid, menyiapkan masker untuk jama’ah yang tidak menggunakan masker, dan menyediakan persediaan disinfektan di setiap masjid dan musholla.

Selanjutnya Ia mengatakan bahwa apabila Masjid dan Musholla ditutup akan berdampak lebih besar dan menjadi hal yang keliru bagi umat.

Kemudian pelaksanaan takbiran keliling pada malam hari raya Idul Adha yang setiap tahun dilaksanakan secara besar-besaran sementara ditiadakan, akan tetapi dilaksanakan di Masjid dan Musholla masing-masing untuk meminimalisir tingkat penyebaran COVID di kota Sorong.

Adapun pelaksanaan Sholat Idul Adha yang dilaksanakan di beberapa lapangan atau masjid yang ditunjuk oleh PHBI sebagai tempat pelaksanaan, akan dikembalikan ke Masjid dan Musholla masing-masing sesuai dengan protokol kesehatan.

Pantauan Sorongnews.com pelaksanaan ibadah Sholat Jumat di Masjid Agung Al Akbar berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan sebelum masuk Masjid, berwudhu, menjaga jarak saat pelaksanaan Sholat dan wajib masker. (Jharu/oke)

Komentar