oleh

MUI Papua Barat Undang Pakar Manuskrip Kuno Islam

SORONG, – Ketua Dewan Pertimbangan Majlis Ulama Indonesia (MUI) Papua Barat Dr. Mulyadi Djaya, mengundang Dr. Muhammad Jumaan dalam rangka menyampaikan Sejarah Islam dan Manuskrip Islam di Papua Barat, Senin (23/11) pagi bertempat di Ruang Rapat Kantor MUI Papua Barat, Jalan Esau Sesa (Jalan Baru), Wosi, Manokwari, Papua Barat.

Dalam rilis yang diterima sorongnews.com dari Muhammad Jumaan menjelaskan bahwa Ia merupakan Pembina Nasional Forum Mahasiswa Studi Agama-Agama se-Indonesia (FORMASAA-I) yang juga Direktur Pusat Kajian Manuskrip Islam dan Filologi (Centre for the Study of the Islamic Manuscripts and Philology) Manokwari, Papua Barat yang telah banyak meneliti naskah-naskah kuno Islam terutama di Maluku dan Papua-Papua Barat.

Jumaan juga pernah mengajar Bahasa-bahasa Semitik (Ibrani dan Arami) di salah satu kampus di Negara Bagian Punjab, India. Sebagai Filolog, dia juga menguasai beberapa bahasa terutama bahasa India (Hindi) dan Pakistan (Urdu) dengan baik.

Dalam perbincangan dan silaturahmi sekitar dua jam setengah itu, agenda utamanya adalah membahas mengenai masuknya Islam di Papua Barat yang dibuktikan oleh keberadaan Manuskrip Islam yang hingga kini bisa ditemukan di beberapa tempat.

Komentar