oleh

Momentum Harlah pancasila, Mahasiswa Almet Hijau IAIN Sorong Angkat Bicara

SORONG, – Momentum hari lahirnya pancasila 1 Juni membuat sejumlah mahasiswa kampus hijau IAIN Sorong angkat bicara soal perspektif mereka tentang hari lahir Pancasila di kampus IAIN Sorong, Papua Barat, Senin (31/5/21).

Mahasiswa Fakultas Syariah dan Dakwah, Ali Nur Fattah disela-sela proses perkuliahannya mengatakan bahwa pada tanggal 1 Juni 1945 yakni merupakan momentum dimana awalnya lahirnya Pancasila. Menurut perspektifnya bahwa pada masa orde baru, sejarah tentang rumusan awalnya Pancasila didasarkan pada penelusuran sejarah oleh Nugroho Notosusanto melalui buku naskah proklamasi yang otentik dengan rumusan Pancasila, setelah reformasi 1998 muncul banyak gugatan tentang kapan sih lahirnya Pancasila yang sebenarnya, pada saat itu ada beberapa anggapan bahwa pancasila lahir pada tanggal 22 Juni 1945 dan 18 Agustus 1945.

Mahasiswi fakultas Tarbiyah pun angkat bicara, Safitri Nuril Kaunain mengatakan bahwa tanggal 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai hari lahir Pancasila karena pada sidang BPUPKI kata Pancasila disebutkan pertama kali oleh bung karno yang saat itu beliau belum diangkat menjadi presiden.

Selain itu juga dikesempatan yang sama Tri Siti Soleha Nurjannah mengatakan bahwa momentum hari lahir pancasila ini dijadikan sebagai hari libur nasional yang ditetapkan oleh presiden Joko Widodo pada tahun 2016 sekaligus menandatangani Kepres No 24/2016 Tentang hari lahir pancasila dan secara resmi menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari libur nasional, ujarnya.

Merekapun dengan fasih melafalkan isi dari Pancasila.

“Selamat merayakan harlah Pancasila. Semoga momentum hari lahir Pancasila semakin menguatkan kebhinekaan Kita sebagai anak bangsa serta mengamalkan dengan baik isi Pancasila,” harap Ali. (Jahru)

Komentar