oleh

Merinding, Yontaifib Kawal Roket Pertama yang Tiba di Papua ke Markas Marinir

SORONG, – Sebanyak 9 personel anggota Batalyon Intai Amfibi 3 Marinir (Yontaifib 3 Mar) yang dipimpin Letda Marinir Fernando R. Tarima melaksanakan pengawalan dan pengamanan rute yang akan dilalui dalam Pergeseran Material (Sermat) 2 Unit MLRS (Multiple Launch Rocket System) RM 70 Grad dari Garasi Angkutan Lantamal XIV Sorong menuju Sarang Petarung Marinir Katapop, Kabupaten Sorong, Papua Barat, Rabu (19/5/21).

Dalam pengawalan ini, Yontaifib 3 Marinir menggunakan 3 Unit Rantis P6 Atav yang dalam pelaksanaan pengawalan 2 Unit Atav di depan RM 70 Grad dan 1 Unit Atav berada dibarisan paling belakang. P6 Atav sendiri sudah dilengkapi dengan senjata otomatis GPMG M60 Kaliber 7.62 mm sebagai pengaman dalam pengawalan ini, masing – masing unit di awaki oleh 3 personel terdiri dari 1 Danran, 1 Driver dan 1 pengawak senjata.

Rute yang dilalui meliputi jalan utama Sorong-Klamono dari Mako Lantamal XIV menuju Tugu Merah dan dilanjutkan melalui jalur poros Aimas-Katapop.


Disela-sela kegiatan, Danyontaifib 3 Marinir Letkol Mar Achmad Yulianto,oys mengatakan kegiatan pengawalan seperti ini sangat diperlukan mengingat Papua Barat termasuk daerah rawan sehingga perlu adanya pengawalan dalam setiap kegiatan Pergeseran Material (Sermat) maupun Pergeseran Pasukan (Serpas).

“Kami merasa bangga menjadi bagian dalam sejarah Marinir di Papua karena mendapat kepercayaan mengawal Roket kebanggaan Korps Marinir yang perdana hadir ditanah Papua dan memperkuat jajaran Pasmar 3 khususnya Menart 3 Marinir,” pungkas Danyontaifib 3 Marinir. (Oke)

Komentar